Memiliki Istri Lebih dari Satu Merupakan Keringanan Ataukah Sunnah?

Memiliki Istri Lebih dari Satu Merupakan Keringanan Ataukah SunnahMEMILIKI ISTRI LEBIH DARI SATU MERUPAKAN KERINGANAN ATAUKAH SUNNAH ?

Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkhaly hafizhahullah

Pertanyaan: Seseorang bertanya apakah mempunyai istri lebih dari satu merupakan suatu keringanan ataukah merupakan sunnah?

Jawaban:

Ini adalah keringanan bagimu. Jika anda membutuhkan istri lebih dari satu maka tidaklah mengapa engkau melakukannya dengan syarat berbuat adil diantara mereka.

Adapun jika dikhawatirkan kamu tidak berbuat adil diantara istri-istrimu, maka hukum asalnya adalah satu istri, sampai anda selamat dari berbuat dzalim.

Karena sesungguhnya Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan bahwa keadaan seseorang yang memiliki istri lebih dari satu lalu cenderung kepada salah satunya dan tidak berbuat adil di antara mereka. Maka ia akan datang pada hari kiamat dalam kondisi tubuhnya miring sebelah.

Sumber : http://ar.miraath.net/fatwah/10780

Alih Bahasa : Syabab FSI

Download Audio Di Sini

***

تعدد الزوجات هل هو من باب الرخص أم من باب السنة؟

(الشيخ محمد بن هادي المدخلي)

السؤال:
وهذا يسأل عن تعدد الزوجات: من باب الرُخَص أم من باب السُّنة؟

الجواب:
هذا رُخصة لك، إذا كانَت لك حاجة في الزواج بأكثر من واحدة لا جُناح عليك بشرط العدل، أما إذا خشيت أن لا تعدل فالواحِدة هي الأصل، حتى تسلمَ من الظُلم، لأنَّ النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قد بيّن حال من كانَ لهُ أكثر من زوجة ومالَ مع إحداهُنَّ ولم يعدل بينهُن إلا أتى يوم القيامة وأحد شقيّة مائِل.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/10780

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.