Bolehkah Wanita Menikah Tanpa Wali

Nikahtanpawali1a

BOLEHKAH WANITA MENIKAH TANPA WALI

Asy-Syaikh Muqbil bin Hady rahimahullah

Pertanyaan: Apa hukum wanita yang berada di sebuah negeri sedangkan walinya di negeri lain dan dia menikah tanpa seizin walinya, padahal dia bisa menghubungi walinya tersebut?

Jawaban:

Akad tersebut bathil, karena diriwayatkan dalam kitab As-Sunan dari shahabat Abu Musa Al-Asy’ary radhiyallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda:

لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ.

“Tidak sah nikah tanpa wali.” (HR. Abu Dawud no. 2085 dan At-Tirmidzy no. 1101 dan selainnya. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullah menilainya shahih dalam kitab Al-Jaami’ Ash-Shahiih mimmaa Laisa fii Ash-Shahihain, 3/57 dan Asy-Syaikh Al-Albany rahimahullah di dalam Shahih Sunan Abu Dawud no. 1818 –pent)

Tetapi jika wanita tersebut mengatakan bahwa dia tidak mengetahui di mana walinya dan dia berdusta kepada seorang pria dalam ucapannya tersebut dan dia pria tersebut menikahinya, kemudian setelah itu wanita tersebut mengabarkan kepadanya maka apa hukumnya? Yang nampak akad pernikahan tersebut sah, namun itu merupakan akad syubhat hingga sang suami mengetahuinya. Kalau dia telah mengetahui maka tidak boleh baginya untuk menggaulinya hingga memperbarui akad nikah, kecuali jika walinya tidak mau menikahkan maka dia dianggap enggan menikahkan sehingga wanita tersebut bisa mengajukan perkaranya kepada hakim dan melakukan akad dengannya, kalau mereka memiliki anak-anak maka anak-anak tersebut mengikuti ayah mereka, karena pernikahan tersebut dengan akad syubhat. Hanya kepada Allah saja kita memohon pertolongan.

~ Download Audio di sini

Ditranskrip dan diterjemahkan oleh: Abu Almass bin Jaman Al-Ausathy
Kamis, 6 Jumaadal Ula 1435 H
Daarul Hadits – Ma’bar – Yaman

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.