BENARKAH TIDAK BOLEH MEMBANTAH ORANG YANG SALAH SAMA SEKALI

BENARKAH TIDAK BOLEH MEMBANTAH ORANG YANG SALAH SAMA SEKALI

Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah

Penanya: Beberapa hari yang lalu muncul penjelasan dari Daarul Ifta’ (Lembaga Fatwa Kerajaan Arab Saudi –pent) agar membuang perpecahan dan perselisihan. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian pihak dan memahaminya secara global dengan menyatakan bahwa tidak boleh membantah orang yang menyelisihi kebenaran dan tidak pula terhadap mubtadi’ sama sekali?

Asy-Syaikh:

Dalam penjelasan tersebut tidak ada hal semacam ini, tidak ada padanya pernyataan bahwa tidak boleh membantah orang yang menyelisihi kebenaran dan tidak boleh menjelaskan mana yang benar dan mana yang bathil. Ini merupakan kedustaan yang mengatasnamakan penjelasan tersebut.

Penjelasan tersebut isinya adalah nasehat bagi para penuntut ilmu agar meninggalkan saling membenci, saling memutus hubungan diantara mereka serta saling bermusuhan hanya karena ada perbedaan pada hal-hal yang sepele diantara mereka atau karena salah paham. Hendaknya mereka saling menasehati diantara mereka. Inilah maksud dari penjelasan tersebut.

Adapun dengan mereka mengartikan sesuai dengan hawa nafsu mereka maka tanggung jawabnya mereka yang memikulnya. Penjelasan tersebut gamblang dan tidak ada yang tidak jelas.

Banyak manusia yang mengartikan kalam Allah dan menafsirkannya sesuai dengan hawa nafsu mereka. Jadi tindakan semacam ini tidak hanya dilakukan terhadap penjelasan tersebut saja. Pengusung kebathilan akan mengikuti kebathilannya dan menginginkan hal-hal yang bisa mendukung kebathilannya walaupun harus berdusta mengatasnamakan manusia atau Al-Qur’an atau para ulama.

 

* Alih bahasa: Abu Almass
Jum’at, 4 Jumaada Tsaniyah 1435 H

Download
Judul: BENARKAH TIDAK BOLEH MEMBANTAH ORANG YANG SALAH SAMA SEKALI Pembicara: Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah Tanggal: 4 Jumada II 1435
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.