Apakah Disunnahkan Bagi Wanita Untuk Shalat Berjama’ah dan Mengumandangkan Adzan dan Iqamat?

APAKAH DI SUNNAHKAN BAGI WANITA UNTUK SHALAT BERJAMA’AH DAN MENGUMANDANGKAN ADZAN DAN IQAMAT?

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan: Apakah disunnahkan bagi para wanita untuk shalat berjamaah di antara mereka?
Dan apakah mereka juga melakukan adzan dan iqomat?

Jawaban:

Tidak mengapa untuk mereka shalat berjamaah di antara mereka, baik di rumah salah seorang dari mereka، ataupun di masjid ketika mereka terluputkan dari shalat berjamaah bersama imam dan tidak memungkinkan bagi mereka untuk berimam dengan seorang laki-laki. (Jika demikian kondisinya) maka tidak mengapa mereka melaksanakan shalat jamaah.

Adapun permasalahan adzan dan iqomat bagi mereka, maka ini memiliki dua keadaan:

1. Mereka berkumpul di salah satu rumah mereka untuk berjamaah dan mereka tidak mendengarkan suara adzan dari masjid, maka salah seorang dari mereka mengumandangkan adzan yang bisa didengar oleh jamaah wanita yang hadir di situ dan jangan dia meninggikan suaranya sehingga didengar oleh laki-laki, demikian juga iqomat.

2. Aku kembali pada permasalahan pertama (yaitu ketika mereka terluput dari jamaah bersama imam), maka salah seorang dari mereka melakukan iqomat.

Kesimpulannya, mereka melakukan iqomat jika mereka shalat tersendiri baik itu di masjid ketika terluput dari jamaah ataupun ketika mereka shalat di rumah sedangkan adzan dipersyaratkan ketika mereka sama sekali tidak mendengar suara adzan. Wallahu a’lam

Sumber: http://ar.alnahj.net/fatwa/115

Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

***   ***   ***

السؤال

هل يُستحب للنساء صلاةُ الجماعة فيما بينهم؟ وماذا عن الآذان والإقامة لهنَّ ؟

الجواب

لا مانع إن شاء الله من صلاة النِّساء جماعة في بيت إحداهنَّ، أو في المسجد إذا فاتتهُنَّ الصلاة مع الإمام، ولم يتمكنَّ من الإتمام برجل فأتتهن الصلاة، هذا لا مانع منه.
بقيَّ الأذان والإقامة وهذا له حالتان :

إحداهما: أن تكون جماعتهُنَّ للصلاة في بيت واحدة منهُنَّ, ولا يسمعنَّ أذان المسجد لا يسمعنَّ للنداء في المسجد، فتؤذن إحداهُنَّ آذانًا يسمعهُ الحاضرات، ولا ترفعُ صوتها حتى يسمعه الرجال.

وكذلك الإقامة وأعود إلى الحالة الأولى وأقول لهنَّ: أن يُقمنَّ إذا فأتتهُنَّ صلاة الجماعة مع الإمام.
والحاصل أنهُنَّ لهنَّ الإقامة إذا صلينَّ وحدهُنَّ، سواءً في المسجد حين تفوتهُنَّ الصلاة مع الإمام،  أو في دار واحدة منهُن, والآذان مشروط بعدمِ سماعهنَّ النِّداء، والله أعلم

Download
Judul: APAKAH DI SUNNAHKAN BAGI WANITA UNTUK SHALAT BERJAMA'AH DAN MENGUMANDANGKAN ADZAN DAN IQAMAT? Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 2 Sha'aban 1436
© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.