Apakah Kita Mengangkat Tangan dan Mengaminkan Qunut Imam

APAKAH KITA MENGANGKAT TANGAN DAN MENGAMINKAN QUNUT IMAM

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan: Semoga Allah memberkahi anda wahai syekh kami. Pertanyaan kedua pada pertemuan ini.
Apabila pemerintah tidak memerintahkan qunut, namun imam masjid melakukan qunut, apakah kami mengaminkan qunutnya dan mengangkat tangan kami?
Jazaakumullohu khoir

Jawaban:

Pertama, yang nampak dari sang penanya mengisyaratkan ke qunut nazilah yang bersifat umum, maka ini kekhususan pemerintah muslim. Pemerintahlah yang mengintruksikan untuk dilaksanakannya qunut nazilah serta memerintahkan para imam untuk melakukannya. Maka tidak boleh setiap individu melakukannya sendiri-sendiri. Adapun doa di dalam sujud, atau antara tasyahud dan salam, atau pada saat yang diberkahi seperti turunnya hujan, atau ba’da ashar hari jum’at, atau antara dua khutbah ketika imam duduk, atau di pertengahan malam, maka semua doa di atas mutlak dan lebih fleksibel, boleh bagi setiap muslim dalam keadaan-keadaan di atas untuk mendoakan kejelekan pada orang-orang yang membuat kedzoliman dan permusuhan dari kalangan pemberontak, khawarij atau orang kafir tau rafidhah jika mereka semua mendzolimi kaum muslimin, seperti apa yang terjadi di Yaman yang dilakukan oleh syiah hutsi rafidhah, kafir batiniyah yang melakukan kerusakan di sana.

Kedua, adapun jika telah menjadi kebiasaan pemerintah yang menyetujui diadakannya qunut nazilah dan itu diketahui dengan kebiasaan yang mana pemerintah juga tidak melarangnya atau adanya persetujuan yang mengarah ke sana, maka tidak mengapa melakukan qunut nazilah tersebut.

Wallahu a’lam

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11228

Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

—————

السؤال:
بارك الله فيك شيخنا، السؤال الثاني يقول – في هذا اللقاء-: إذا لم يَأمُر الإمام بالقنوت فقنت إمام المسجد فهل نُأمّن خلفه و نرفع أيدينا؟ وجزاكم الله خيرا.

الجواب:
أولًا: الظاهر أنَّ السائل يُشير إلى النّوازِل العامّة، فهذه من خَصائِص الحاكِم المُسْلِم، هو الذي يَأمُر بها، ويدعو إليها، فلا يَحِقُّ لأَحدٍ أن يَقْنتَ من عند نفسه، نعم الدعاء في السجود وبين التّشَهُد والسَّلام، في الساعات المباركة مثل نزول المطر، وبعد عصر الجمعة، أو بين الخطبتين إذا جلس الإمام- وأنا أميل إلى هذا-، وفي جوف الليل هذا مطلق وواسع، فلكل مُسلِم أن يدعو على أهلِ البَغي والعُدوان من البُغاة والخوارِج والكفار والرافضّة إذا تعدُّوا على المسلمين، مِثل تَعدّي الحوثيين الرافضة الكُفّار الباطنية، وعثّوِهِم في اليمن الفساد.

ثانيًا: إذا جَرَت عادة الإِمام أنه يَقِرُّ من هَؤلاء – عُرِف مِن عادته- أنه لا يمنع، أو صَدَر منه ما يدل على هذا الفعل فلا بأس في ذلك، والله أعلم.

Download
Judul: APAKAH KITA MENGANGKAT TANGAN DAN MENGAMINKAN QUNUT IMAM Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 10 Rajab 1436
© 1445 / 2024 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks