TINGGALKAN MAJLIS PERDEBATAN SEGERA

TINGGALKAN MAJLIS PERDEBATAN SEGERA

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan: Samahatusy Syaikh: Pada sebagian majelis, orang-orang banyak melakukan debat yang tiada berguna dan obrolan dalam berbagai perkara yang tiada pernah mengenyangkannya. Apa yang sudah sepantasnya dilakukan pada semisal kesempatan-kesempatan dan perkumpulan-perkumpulan ini?

Jawaban:

Yang disyariatkan bagi seorang mukmin ialah waspada dan berhati-hati dari majelis-majelis yang dijumpai di dalamnya perdebatan, pertikaian, dan berbantah-bantahan yang tiada mengandung faedah. Jangan menghadirinya dan jangan ikut andil di dalamnya. Karena majelis yang semacam ini akan mengantarkan kepada kebatilan dan kedustaan, dan menyeret seseorang untuk berucap dengan tanpa ilmu.

Adapun majelis-majelis yang dipenuhi padanya dengan berdzikir (mengingat) Allah, tolong-menolong dalam kebaikan, pembahasan ilmu dan memahami agama, ini merupakan majelis yang baik. Adapun majelis-majelis debat, pertengkaran, pertikaian, dan berbantah-bantahan, maka sudah seharusnya seorang itu mewaspadainya dan tidak ikut andil bergabung di dalamnya.

Sumber: http://tiny.cc/binbaz

Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

~~~~~~~~~^
س: سماحة الشيخ: يكثر في بعض مجالس الناس الجدال العقيم، والكلام في قضايا لا تعنيهم. ما الذي ينبغي عمله في مثل هذه المناسبات وهذه الاجتماعات – جزاكم الله خيراً -؟
——————————
ج: المشروع للمؤمن الحذر من المجالس التي فيها الجدل والخصام والمراء بدون فائدة، لا يحضرها ولا يشارك فيها؛ لأنها تفضي إلى الباطل أو إلى الكذب، وإلى القول بغير علم.
أما المجالس التي فيها ذكر الله، وفيها التعاون على الخير، وفيها البحث العلمي والتفقه في الدين، هذه مجالس طيبة، أما مجالس الجدل والنزاع والخصومات والمراء، فينبغي الحذر منها وعدم المشاركة فيها.

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.