TAWADHU’ SALAH SATU HAL YANG MENUNJUKKAN KEKOKOHAN ILMU DAN IMAN DALAM HATI PEMILIKNYA

TAWADHU’ SALAH SATU HAL YANG MENUNJUKKAN KEKOKOHAN ILMU DAN IMAN DALAM HATI PEMILIKNYA

โœ๐Ÿป Asy-Syaikh al-Allamah Dr. Rabiโ€™ bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

ุงู„ุชูˆุงุถุน ุฃู…ุฑ ู…ู‡ู… ุฌุฏุงู‹ุŒ ูˆุงู„ุชูˆุงุถุน ูŠุนู†ูŠ ููŠ ุงู„ุนู„ู…ุŒ ูˆุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ุง ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู†ูุณู‡ ุจุฃู†ู‡ ุนุงู„ู…ุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ูŠู†ุธุฑ ู„ู†ูุณู‡ ุจุนูŠู† ุงู„ุงุญุชู‚ุงุฑุŒ ูˆูƒุงู† ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ูˆุงุจู† ุงู„ู‚ูŠู… ู…ุง ูŠุฑูˆู† ุฃู†ูุณู‡ู… ุนู„ู…ุงุกุŒ ูˆูŠู‚ูˆู„: ุฃู†ุง ู…ุณูƒูŠู†ุŒ ูˆุฃู†ุง ู…ูุณูŽูŠูƒููŠู†ุŒ ู…ูุณูŽูŠูƒููŠู† ุฃู†ุงุŒ ูˆูŠุตู ู†ูุณู‡ ุจุงู„ุฌู‡ู„ุŒ ูˆู‡ู… ุฌุจุงู„ ูˆุจุญุงุฑ ููŠ ุงู„ุนู„ู…!

“Tawadhu’ perkara yang sangat penting, tawadhu’ maksudnya dalam hal ilmu, yaitu seseorang tidak melihat dirinya sebagai seorang ulama, tetapi dia melihat dirinya dengan pandangan merendahkan. Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qayyim tidak memandang diri mereka sebagai ulama. Beliau mengatakan, ‘Saya orang yang miskin (sedikit sekali ilmu saya), miskin, miskin saya.’ Beliau mensifati dirinya sebagai orang yang sedikit ilmunya, padahal para ulama itu adalah gunung dan lautan dalam hal ilmu.

ูุงู„ุชูˆุงุถุน ุฏู„ูŠู„ ุนู„ู‰ ุฑุณูˆุฎ ุงู„ุนู„ู… ููŠ ู‚ู„ุจ ุตุงุญุจู‡ุŒ ูˆุนู„ู‰ ุฑุณูˆุฎ ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ููŠ ู‚ู„ุจ ุตุงุญุจู‡.

Jadi tawadhu’ merupakan bukti yang menunjukkan kekokohan ilmu dalam hati pemiliknya dan menunjukkan kekokohan iman dalam hati pemiliknya.

ูˆุฃุฑุฌูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุฑุณู‘ูุฎ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู†ุงูุนุŒ ูˆุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุตุงู„ุญุฉุŒ ูˆุงู„ุชูˆุงุถุน ูˆุงู„ุฃุฎู„ุงู‚ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉ ุงู„ุตุญูŠุญุฉ ููŠ ู†ููˆุณู†ุงุŒ ูˆุฃู† ูŠุตุจุบู†ุง ุจู‡ุงุŒ ุชูƒูˆู† ุตุจุบุฉ ู„ู†ุง ุตุจุบุฉ ุงู„ู„ู‡ุŒ ุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู….

Saya memohon kepada Allah agar menancapkan dengan kokoh dalam hati kita ilmu yang bermanfaat, amal shalih, tawadhu’, dan akhlak-akhlak Islam, serta menjadikan itu semua sebagai sifat kita, sehingga menjadi sifat kita yang ditanamkan oleh Allah pada diri kita, semoga Allah memberkahi kalian.”

๐Ÿ“š Sumber :ย https://t.me/Nataouan/6708 || https://t.me/jujurlahselamanya

 

© 1440 / 2018 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.