SUNNAH DALAM RUMAH BAGI PARA SUAMI, MEMBANTU TUGAS ISTRI

SUNNAH DALAM RUMAH BAGI PARA SUAMI, MEMBANTU TUGAS ISTRI

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata:

Termasuk tawadhu’nya Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah beliau di dalam rumah membantu keluarga beliau. Beliau memerah susu kambing, menjahit sandal, membantu mereka di rumah mereka. Karena Aisyah pernah ditanya, apa yang diperbuat Nabi shallallahu alaihi wasallam di rumah beliau? Aisyah berkata : ”Beliau sering membantu keluarga beliau shallallahu alaihi wasallam.”

Maka misalnya seorang insan jika ia berada di rumahnya, maka termasuk sunnah adalah hendaknya ia membuat teh sendiri untuk dirinya, memasak jika memang ia bisa memasak, mencuci apa yang perlu dicuci, ini semua termasuk sunnah. Engkau.. jika engkau melakukan itu semua, engkau akan dapat pahala, pahala sunnah karena mencontoh Rasul shallallahu alaihi wasallam, dalam rangka tawadhu’ karena Allah.

Dan karena hal ini akan menumbuhkan kecintaan antara dirimu dengan istrimu, jika istrimu merasa kalau engkau selalu membantu mereka dalam tugas mereka, mereka akan mencintaimu. Dan martabatmu akan bertambah tinggi disisi mereka. Sehingga dalam perkara ini ada kemaslahatan yang besar.

Sumber: Syarh Riyadhu ash-Shalihin juz 2 h 264. ‎

http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=59924

Alih bahasa: Al Ustadz Abu Hafs Umar Hafizhahullah

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.