SIAPA ITU QARIN? DAN APAKAH DIA MENYERTAI MAYIT SAMPAI DI KUBURNYA?

SIAPA ITU QARIN? DAN APAKAH DIA MENYERTAI MAYIT SAMPAI DI KUBURNYA?

Asy-Syaikh Muhammad bin shalih Al-Utsaimin rahimahullah ditanya:

Pertanyaan:

ما هو القرين وهل يرافق الميت حتى في قبره ؟

Siapakah qarin itu? Dan apakah dia akan menyertai mayit ke kuburnya?

Jawaban:

القرين هو شيطان مسلط على الإنسان بإذن الله عز وجل يأمره بالفحشاء وينهاه عن المعروف

Qarin adalah syaitan yang dikuasakan kepada seorang insan dengan ijin Allah, ia memerintahkan kepada perbuatan keji dan melarang dari berbuat makruf.

Sebagaimana Allah berfirman:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ

“Syaitan itu menjanjikan kepada kalian kefaqiran dan memerintahkan kepada kalian untuk berbuat keji.” (QS. Al-Baqarah 268)

ولكن إذا منَّ الله على العبد بقلب سليم صادق متجه إلى الله عز وجل مريد للآخرة مؤثر لها على الدنيا فإن الله تعالى يعينه على هذا القرين حتى يعجز عن إغوائه

Akan tetapi jika Allah mengkaruniai seorang hamba dengan hati yang selamat, jujur, senantiasa menghadap kepada Allah, menginginkan akhirat, lebih mengutamakan akhirat dari dunia, maka Allah akan menolongnya menghadapi qarin ini, sehingga ia tidak mampu menyesatkannya.

ولذلك ينبغي للإنسان كلما نزغه من الشيطان نزغ فليستعذ بالله من الشيطان الرجيم كما أمر الله

Oleh karena itu sepantasnya seorang insan itu, setiapkali dia digoda oleh syaitan hendaknya dia meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Sebagaimana Allah perintahkan.

Allah berfirman:

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dan jika syaitan menggodamu dengan suatu godaan, maka hendaknya engkau meminta perlindungan kepada Allah, sesungguhnya Dia Maha mendengar dan Maha Mengetahui. (QS. Fushshilat 36)

والمراد بنزغ الشيطان آن يأمرك بترك الطاعة أو يأمرك بفعل المعصية

Dan yang dimaksud dengan godaan syaitan adalah, ia menyuruhmu untuk meninggalkan ketaatan, atau menyuruhmu untuk berbuat maksiat.

فإذا أحسست من نفسك الميل إلي ترك الطاعة فهذا من الشيطان أو الميل إلى فعل المعصية فهذا من الشيطان فبادر بالاستعاذة منه يعذك عز وجل

Maka jika engkau merasa dalam dirimu ada kecondongan untuk meninggalkan ketaatan, maka ini dari syaitan. Atau ada kecondongan untuk berbuat maksiat, maka ini juga dari syaitan, maka bersegeralah meminta perlindungan darinya, niscaya Allah akan melindungimu.

وأما كونه أي هذا القرين يمتد إلى أن يكون مع الإنسان في قبره فلا فالظاهر والله أعلم أنه بموت الإنسان يفارقه لأن مهمته التي كان مسخراً لها قد انتهت إذ أن الإنسان إذا مات انقطع عمله

Adapun permasalahan qarin ini akan berlanjut bersama seorang sampai di kuburnya, maka tidaklah demikian.
Yang nampak, wallahu a’lamu, dengan matinya seorang insan, maka ia akan berpisah darinya. Karena tugasnya yang ia dikuasakan untuknya sudah berakhir. Tatkala seorang insan jika ia meninggal, telah terputuslah amalannya.

Sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam, kecuali tiga perkara:

إلا من ثلاثة صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له

“Sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang mendoakannya.

Sumber || http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=117173

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.