SEPULUH MALAM TERAKHIR RAMADHAN MALAM TERBAIK DARI SEMUA MALAM

SEPULUH MALAM TERAKHIR RAMADHAN MALAM TERBAIK DARI SEMUA MALAM

Asy-Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan

Diantara keistimewaan sepuluh hari terakhir ini (Ramadhan), yaitu dengan bersungguh-sungguh dalam menunaikan Shalat Tarawih dan memperpanjangnya saat berdiri, ruku’, sujud, memperpanjang pula dalam bacaan qur’an nya. Demikian pula membangunkan keluarga dan anak-anak agar turut serta dalam syiar islam ini, dalam meraih pahala, dan agar mereka terdidik dalam ibadah.

Dan sungguh banyak sekali manusia yang melalaikan anak-anaknya. Mereka biarkan anak-anaknya bermain di jalanan, begadang hanya untuk bermain dan hal-hal yang tidak pantas. Sehingga mereka tidak memuliakan malam-malam ini, tidak pula malam-malam ini memiliki tempat di hati-hati mereka. Maka ini merupakan pendidikan yang buruk.

Merupakan keharaman yang jelas, dan kerugian yang nyata, saat datang malam (sepuluh hari terakhir Ramadhan) ini, namun manusia masih berpaling untuk hal-hal yang sia-sia.

Mereka tidak mengutamakannya, tidak pula mereka mengambil kebaikan darinya. Mereka habiskan sepanjang malam atau sebagian besar dari malam-malam tersebut hanya untuk sesuatu yang tak berfaidah, atau mungkin berfaidah namun faidah ringan yang sebenarnya bisa ia raih di waktu-waktu lainnya.

Sumber || Majalis Syahri Ramadhan Al-Mubarak cet. Daarul Furqan hal. 240

© 1439 / 2018 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.