Seorang Imam Seharusnya Memperbagus Bacaannya dan Memahami Ilmu Tajwid Dan Qiro’ah

SEORANG IMAM SEHARUSNYA MEMPERBAGUS BACAANNYA DAN MEMAHAMI ILMU TAJWID DAN QIRO’AH

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله

Pertanyaan: Ada sebuah perkara yang tersebar di sebagian masyarakat, yaitu mereka berpindah dari satu masjid ke masjid yang lain yang cukup jauh dari rumah-rumah mereka dalam rangka mencari suara imam yang bagus, bagaimana pendapat Anda?

Jawaban:

Sepantasnya bagi seorang imam untuk memperbagus suaranya dalam membaca Al Qur’an dan memerhatikan kaidah tajwid qiroah sesuai yang dituntunkan. Dia melakukannya dalam rangka mengharap pahala dari Allah, bukan karena riya dan sum’ah.

Dan selayaknya, dia membaca Al Qur’an dengan khusyu dan menghadirkan hatinya, agar dia bisa mengambil manfaat dari bacaannya dan juga orang yang mendengar bisa mengambil manfaat.

Sepantasnya bagi setiap jamaah masjid untuk memakmurkan masjid dengan berbagai ketaatan dan shalat di dalamnya.

Tidak selayaknya dia membuang-buang waktu dengan berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid lain hanya dalam rangka mencari suara imam yang bagus. Terlebih lagi bagi para wanita, dikarenakan dengan perginya mereka ke tempat yang jauh dari rumahnya ada perkara yang berbahaya padanya.

Dan yang dituntut bagi mereka adalah shalat di rumah mereka, dan kalaupun mereka ingin pergi ke masjid, maka pergilah ke masjid yang terdekat dari rumah dalam rangka meminimalisir perkara negatif yang akan terjadi. Dan perkara ini (berpindah-pindah masjid) adalah sebuah fenomena yang kurang baik, dikarenakan akan menyebabkan sebagian masjid menjadi terlantar dan juga bisa menimbulkan riya dan juga padanya ada takalluf (memberat-beratkan diri) yang tidak disyariatkan.

Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14891

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

********************************

صلاة التراويح

السؤال: هناك ظاهرة منتشرة بين بعض الناس، وهي أنه في صلاة التراويح ينتقلون إلى مساجد بعيدة عن بيوتهم ، وذلك طلباً للأئمة أصحاب الأصوات الحسنة؛ فما رأيكم بهذه الظاهرة؟

الجواب: ينبغي للإِمام أن يحسن صوته بتلاوة القرآن ، ويعتني بإجادة القراءة على الوجه المطلوب ؛ محتسباً الأجر عند الله ، لا من أجل الرياء والسمعة، وأن يتلو القرآن بخشوع وحضور قلب؛ لينتفع بقراءته، وينتفع به من يسمعه .

والذي ينبغي لجماعة كل مسجد أن يعمروا مسجدهم بطاعة الله والصلاة فيه، ولا ينبغي التنقل بين المساجد وإضاعة الوقت في التذوق لأصوات الأئمة، لاسيما النساء؛ فإن في تجوالها وذهابها بعيداً عن بيوتها مخاطرة شديدة؛ لأنه مطلوب من المرأة أن تصلي في بيتها، وإن أرادت الخروج للمسجد؛ فإنها تخرج لأقرب مسجد؛ تقليلاً للخطر.

وهذه الظاهرة من تجمهر الناس في بعض المساجد هي ظاهرة غير مرغوب فيها؛ لأن فيها تعطيلاً للمَسَاجد الأخرى، وهي مَدْعَاة للرياء، وفيها تكلفات غير مشروعة ومُبالغات.

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.