Nasehat Untuk Mengumandangkan Adzan Tepat Pada Waktunya

NASEHAT UNTUK MENGUMANDANGKAN AZAN TEPAT PADA WAKTUNYA

Asy Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi’i رحمه الله

Pertanyaan: Di daerah kami di Hadhramaut terkhusus pada bulan Ramadhan adzan shalat Shubuh dilakukan tidak tepat pada waktunya, kami telah menasehati para imam masjid, namun mereka mengatakan, “Orang-orang dibuat repot.” Maka apa nasehat Anda untuk mereka?

Jawaban:

Nasehatnya adalah wajib atas mereka untuk bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan hendaknya mereka mengumandangkan adzan shalat tepat pada waktunya agar mereka tidak menanggung dosa-dosa manusia dan agar mereka tidak mengerjakan shalat di luar waktunya, karena shalat tidak pada waktunya tidak halal dan tertolak. Dan siapa yang mengerjakan shalat tidak pada waktunya (sebelum waktunya -pent) maka wajib atasnya untuk mengulang shalat pada waktunya, kecuali jika waktu shalat telah lewat, maka jika demikian tidak wajib atasnya untuk menggantinya.

Sumber: http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=1710

********************************

نص السؤال:
عندنا في حضرموت وخاصة في رمضان يُؤذن لصلاة الفجر في غير وقتها وقد نصحنا أئمة المساجد فقالوا : إن الناس متعبون ، فما نصيحتك لهم ؟

نص الإجابة:
النصيحة أنه يجب عليهم أن يتقوا الله سبحانه وتعالى ، وأن يؤذنوا للصلاة في وقتها حتى لا يتحملوا آثام الناس ويصلي الناس الصلاة في غير وقتها ، فإن الصلاة في غير وقتها لا تحل وأنها تكون مردودة ، ومن صلى صلاة في غير وقتها فواجب عليه أن يصلي الصلاة لوقتها إلا إذا خرج وقت الصلاة فلا يجب عليه أم يقضيها .

Download
Judul: NASEHAT UNTUK MENGUMANDANGKAN AZAN TEPAT PADA WAKTUNYA Pembicara: Asy Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi'i رحمه الله Tanggal: 5 Ramadan 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.