NASEHAT TERUNTUK PENUNTUT ILMU YANG MENELATARKAN ISTRI MEREKA

NASEHAT TERUNTUK PENUNTUT ILMU YANG MENELATARKAN ISTRI MEREKA

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Semoga Allah membalas kebaikan kepada anda wahai guru kami serta mengokohkan kami dan anda hingga berjumpa dengan-Nya. Pertanyaan ke-enam: Penanya mengatakan: Kami berharap kepada Fadhilatus Syaikh berkenan menyampaikan sepatah kata atau nasehat teruntuk para suami yang tengah berupaya bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu yang bersamaan dengan perhatian mereka yang sangat terhadap urusan agama dan keluarganya namun mereka sangat tega sekali dalam menelantarkan kebutuhan sang isteri seperti melihat kepadanya, perhatian dan semangat dalam merasakan kehadirannya dan menghormatinya, Dan bahwasanya sang isteri selalu dituntut untuk bersabar, akan tetapi yang pertama dan terakhir bahwa ia tetaplah kaum hawa dan memiliki keadaan-keadaannya.

Jawaban:

Pertama: Sebatas yang saya ketahui bahwa ini sangatlah jarang dan tidak sebagaimana yang dipahami dari lahiriyah pertanyaan sang penanya (wanita) ini.

Kedua: Terhadap mereka yang terjadi apa disebutkan dalam pertanyaan wanita ini yaitu berpaling dari hak-hak khusus isterinya seperti bermalam dengannya, bercampur, berlemah-lembut kepadanya dan hak-hak yang lainnya, maka mereka dinasehati untuk memperbaiki dan mendekat.

Setiap yang memiliki hak hendaknya mereka tunaikan sesuai dengan haknya. Berilah diri-diri mereka haknya dari ilmu -yang merupakan bekal- dan berilah putra-putra mereka, putri-putri mereka, dan isteri-isteri mereka hak-haknya juga baik berupa perhatian  khusus maupun umum.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11738

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

***

 نصيحة لطلبة العلم الذين يهملون زوجاتهم

أحسن الله إِليكم شيخنا وثبتنا الله وإِياكم حتى نلقاه، السؤال السادس: يقول السائل: أَرجو من فضيلة الشيخ توجيه كلمة أَو نصيحة للأَزواج الذين يسعون جاهدين في طلب العِلم مع اهتِمامهم الشَديد بأمور دينهم وأُسرتِهم ولكنهم مُبالِغون جدًّا في إِهمال ما تطلبهُ الزوجة من النظر إِليها والإِهتِمام والحِرص على الشعُور بِمكانتِها واحتِرامها وأَنها دائِمًا ملزومةٌ بالصبر ولكن أَولًا وأَخيرًا هي أُنثى ولها شُؤُونُها.

الجواب:
▪أَولًا: حسب علمي أَن هذا نادر وليس كما يُفهم من ظاهر سؤالِ السائِلة.

▪وثانيًا: على هؤلاء الذين حدث منهم ما ذكرتهُ في سؤالِها من الإِعراض عن الحقوقِ الخاصة لزوجهِ كالمبيتِ معها، وجماعِها وملاطفتِها إِلى غير ذلك من الحقوق، يُنصحون بأَن يُسدّدوا ويُقاربوا، وأَن يُعطوا كلَّ ذي حقٍّ حقّه، يعطوا أَنفسهم حقّهم من العِلم – يعني التزود- ويعطوا أَبناءهم وَبناتهم وزوجاتهم حقوقهم من الرعاية الخاصة والعامة.

Download
Judul: NASEHAT TERUNTUK PENUNTUT ILMU YANG MENELATARKAN ISTRI MEREKA Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 9 Safar 1437
© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.