Nasehat Dalam Menyikapi Orang Tua Yang Keras Terhadap Anak Yang Istiqomah Di Atas Manhaj Salaf

NASEHAT DALAM MENYIKAPI ORANG TUA YANG KERAS TERHADAP ANAK YANG ISTIQOMAH DI ATAS MANHAJ SALAF

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan: Semoga Allah memberkahi anda, syaikh kami. Ada yang bertanya: Ibu saya mengusir saya dari rumah dan tidak mau berbicara dengan saya, dikarenakan keistiqomahan saya. Bagaimana saya bermuamalah dengannya? 

Jawaban:

Wahai anakku, perkara ini tidak terlepas dari dua keadaan:

Bisa jadi sikap anda kepada ibu anda yang kasar, dan ketika anda berbicara dengan dia, anda memposisikanya seperti pelaku maksiat dan sesat. Dan kalau ini sebabnya, maka benahilah diri anda dan berlemah lembutlah ketika berbicara dengannya, dan berusahalah untuk mendapatkan simpatiknya dan kecintaannya.

Keadaan kedua, ibu anda jahil dan tenggelam dalam kemaksiatan dan menginginkan anda berpaling dari ketaatan. Maka jangan taati dia dalam perkara ini, dikarenakan telah diketahui dari kaidah yang nashnya (tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam rangka bermaksiat kepada Sang Pencipta). Dan Allah akan memberikan jalan keluar kepadamu. Carilah tempat lain dan tetap sambung hubungan dengan ibu anda. Semoga Allah melembutkan hatinya untuk menerima anda.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11280

Alihbahasa : Syabab Forum Salafy

***   ***

 

السؤال:

 بارك الله فيكم شيخنا؛ يقول السائل:  أمي أخرجتني من البيت ولا تريد أن تتكلم معي لأجل استقامتي، فكيف أتعامل معها؟

 

الجواب:

يا بني هذا لا يخلو من حالين:

 

 إما أنك أنت كنت تشد وتخاطبها خطاب العاصية الضآلة، فإن كان هذا فأصلِح نفسك، وألِن لها الحديث، وحاول كسب مودّتها ومحبّتها.

الحال الثاني: أن تكون أمك جاهِلة، معاندة مُلجلِجة في المعصية، وتريد منك الانفلات أو التفلت؛ فهذه لا طاعة لها، لأنه من القواعد المقررة نصًّا (لا طَاعَةَ لِمَخْلُوقٍ فِي مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ )، وسيهيِّئ الله لك المَخْرج، ابحث عن سكن وكن على صِلّة بها، لعل الله يُليّن قلبها لك.

Download
Judul: NASEHAT DALAM MENYIKAPI ORANG TUA YANG KERAS TERHADAP ANAK YANG ISTIQOMAH DI ATAS MANHAJ SALAF Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 15 Rajab 1436
© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.