Menjelaskan Kesalahan Seseorang Sebelum Para Ulama Berbicara Apakah Teranggap Mendahului Para Ulama

Mendahului Ulama Dalam Menjelaskan KesalahanMENJELASKAN KESALAHAN SESEORANG SEBELUM PARA ULAMA BERBICARA APAKAH TERANGGAP MENDAHULUI PARA ULAMA

Asy-Syaikh Abdullah Al-Bukhary hafizhahullah

Pertanyaan: Apakah seseorang yang menjelaskan kesalahan orang lain sebelum para ulama berbicara teranggap mendahului para ulama, dalam keadaan kesalahan-kesalahan tersebut dipastikan berasal darinya berdasarkan bukti-bukti? Apakah ini teranggap sebagai sikap lancang mendahului para ulama ataukah hal itu termasuk bentuk nasehat bagi kaum Muslimin?

Jawaban: Seseorang yang engkau benar-benar mengetahui keadaannya sementara selain dirimu dari para ulama tidak ada yang mengetahuinya –sebagaimana yang engkau katakan– dan kesalahan-kesalahan tersebut dipastikan dengan bukti-bukti –sebagaimana yang engkau katakan– maka di sini yang wajib –baarakallahu fiik– engkau sampaikan ungkapan-ungkapan dan bukti-bukti tersebut kepada salah seorang ulama agar ulama tersebut mengetahuinya dan menelitinya.

Bisa jadi terkadang engkau menyangka bahwa yang engkau ketahui itu merupakan bukti-bukti atau ucapan-ucapan yang menyelisihi kebenaran, padahal kenyataannya tidak demikian. Atau sebagiannya menyelisihi dan sebagiannya tidak menyelisihi, dan seterusnya.

Jadi meminta bimbingan kepada para ulama merupakan perkara yang dituntut dan wajib. Jika mereka mengatakan kepadamu: “Ini semua memang merupakan kesalahan dan demikian-demikian.” Dan tidak ada seorang pun yang berbicara, maka jika engkau butuh untuk bicara, jika engkau memang butuh untuk bicara atau dibutuhkan –tolong diberi garis di atas dan di bawahnya– atau dibutuhkan untuk engkau berbicara karena sebuah sebab, maka bicaralah dengan penuh kehati-hatian dan dan seperlunya. Walhamdulillah. (seperti dalam pepatah Arab –pent):

وَلَّ حَارَّها مَنْ تولَّى قَارَّها.

“Serahkan bagian yang panas kepada yang bisa mendinginkannya.”

Sumber artikel: http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=54199

Alih Bahasa: Abu Almass
Sabtu, 1 Muharram 1436 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.