Memakai Cadar atau Hijab Bagi Seorang Wanita

Memakai Cadar atau Hijab Bagi Seorang WanitaMEMAKAI CADAR ATAU HIJAB BAGI SEORANG WANITA

Al Ustadz Abu Mu’awiyah Askari hafizhahullah-

Pertanyaan: Seorang perempuan sudah mengetahui hukum cadar atau hijab. Tapi memakainya terkadang tidak memakainya. Kalau di majlis dipakai cadarnya dan kalau di rumah tidak dipakai cadarnya. Mohon penjelasan!

Jawaban:

Kalau di rumah gak perlu pakai cadar! Kalau dihadapan mahram, jangan sampai dihadapan saudara sendiri pakai cadar, karena kadang – kadang ada yang tidak memahami. Dihadapan neneknya, dihadapan kakeknya pakai cadar dia. Ini jahil, dihadapan mahram tidak perlu memakai cadar.

Namun apabila dia dihadapan yang bukan mahram, baik dirumah atau diluar rumah, wajib menurut pendapat yang paling shahih menutup seluruh tubuhnya termasuk wajahnya karena wajah merupakan bagian yang menyebabkan fitnah terbesar. Maka hendaknya kaum muslimat bertakwa kepada Allah Subhanahuwata’ala.

Bersabar dalam menjalankan ibadah meskipun terkadang seseorang tidak terlepas dari celaan, ejekan, istihza, mengolok-olok hijab mengolok-olok cadar.

Berasabar! Ya sebab harus dimulai dalam sebuah masyarakat seseorang menegakkan syariah itu berat sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi shalallahu’alaihi wa sallam

ﺑَﺪَﺃَ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡُ ﻏَﺮِﻳﺒًﺎ ﻭَﺳَﻴَﻌُﻮﺩُ ﻛَﻤَﺎ ﺑَﺪَﺃَ ﻏَﺮِﻳﺒًﺎ
ﻓَﻄُﻮﺑَﻰ ﻟِﻠْﻐُﺮَﺑَﺎﺀ

“islam itu awalnya asing, kemudian akan kembali menjadi asing maka kenikmatan surga bagi orang-orang asing tersebut”

Maka dalam sebuah masyarakat kita harus mulai dari awal. Memang yang pertama biasanya merasa lebih berat, perjuangan pertama kali menegakkan syariat di sebuah masyarakat itu paling berat.

Sebagaimana halnya para shahabat mereka as sabiqunal awwalun minal muhajirina wal anshor berjuang mereka di awal-awal islam bersama rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam. Perjuangan yang sangat berat maka demikian pula di masyarakat.

Mungkin ada yang mengatakan ” wah disini cadar masih belum masyhur”ya kapan masyhurnya kalau tidak ada yang memulai? Mulai dari skarang, nampakkan diri sebagai seorang muslim yang teguh di atas kitabullah dan sunnah rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam

Download Audio Di Sini

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.