Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Keutamaan 10 hari pertama bulan DzulhijjahKEUTAMAAN 10 HARI PERTAMA BULAN DZULHIJJAH

Soal pertama dari fatwa no. 4052 

Soal:  Apakah boleh bagi kami untuk berpuasa dua hari dalam rangka berpuasa hari Arafah, karena kami mendengar radio yang ada di sini bahwa puasa hari Arafah besok bertepatan dengan tanggal 8 Dzul Hijjah?

Jawaban:

Hari Arafah adalah hari ketika manusia wukuf di Arafah. Puasa pada hari Arafah disyariatkan bagi yang tidak melaksanakan haji. Jika engkau hendak berpuasa, berpuasalah pada hari tersebut. Namun jika engkau berpuasa sehari sebelumnya, tidak apa-apa. Bahkan bila engkau berpuasa sembilan hari di awal bulan Dzul Hijjah, itu adalah perkara yang bagus karena hari-hari tersebut adalah hari-hari yang mulia berdasarkan sabda Nabi shallallhu ‘alaihi wa’ala alaihi wasallam bersabda,

«ما من أيام العمل الصالح فيهن خير وأحب إلى الله من هذه الأيام العشر” قيل: يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء  » رواه البخاري.

“Tiada hari yang amalan shalih dikerjakan padanya yang lebih dicintai oleh Allah daripada amalan yang dikerjakan pada sepuluh hari pertama (di bulan Dzul Hijjah) ini. Para shahabat berkata, “Tidak pula dibandingkan dengan jihad di jalan Allah (yakni amalan shalih yang dikerjakan pada hari-hari sepuluh pertama bulan Dzul Hijjah masih tetap dicintai oleh Allah, pen)?  Beliau berkata, “Tidak pula jihad di jalan Allah. Kecuali seseorang yang keluar ke medan tempur dengan biaya sendiri dari hartanya dan raganya kemudian tidak kembali sedikitpun dari jiwa dan raganya tersebut (kecuali itulah yang lebih Allah cintai). [H.R. al-Bukhari, Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan selain mereka.

Hanya kepada Allah kita memohon taufik. Semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa’ala alaihi wasallam, keluarga, dan para shahabatnya.

Al-Lajnah ad-Daimah Lil Buhutsil ‘Ilmiyah Wal Ifta

Ketua : AbdulAziz bin Baz
Anggota : Abdullah bin Ghadyan

Sumber: Fatawa al-Lajnah ad-Daimah [10/393-394]

———————————————–

Alih bahasa:  Ustadz abu bakar jombang

السؤال الأول من الفتوى رقم (4052)
س1: هل نستطيع أن نصوم هنا يومين لأجل صوم يوم عرفة؛ لأننا هنا نسمع في الراديو أن يوم عرفة غدا يوافق ذلك عندنا الثامن من شهر ذي الحجة؟
ج1: يوم عرفة هو اليوم الذي يقف الناس فيه بعرفة، وصومه مشروع لغير من تلبس بالحج، فإذا أردت أن تصوم فإنك تصوم هذا اليوم، وإن صمت يوما قبله فلا بأس، وإن صمت الأيام التسعة من أول ذي الحجة فحسن؛ لأنها أيام شريفة يستحب صومها؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم: «ما من أيام العمل الصالح فيهن خير وأحب إلى الله من هذه الأيام العشر” قيل: يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل
خرج بنفسه وماله، ثم لم يرجع من ذلك بشيء (1) » رواه البخاري.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو … الرئيس
عبد الله بن غديان … عبد العزيز بن عبد الله بن باز
__________
(1) أخرجه أحمد 1 / 224، 338، والبخاري 2 / 25 برقم 969 كتاب العيدين: (باب فضل العمل في أيام التشريق) ، وأبو داود 2 / 325 برقم (2438) كتاب الصوم: (باب صوم العشر) ، والترمذي 3 / 130 برقم 757 كتاب الصوم: (باب ما جاء في العمل في أيام التشريق) ، وابن ماجه 1 / 550 برقم 1727 كتاب الصيام: (باب صيام العشر) ، والدارمي 2 / 25 كتاب الصوم: (باب في فضل العمل في العشر) ، وابن حبان 2 / 30 كتاب البر والإحسان: (باب ما جاء في الطاعات وثوابها) ، وأبو داود الطيالسي ص342 برقم 2631، والبيهقي 4 / 284 كتاب الصيام: (باب العمل الصالح في العشر من ذي الحجة) ، والبغوي في شرح السنة 4 / 345 (باب ثواب العمل في عشر ذي الحجة) من كتاب الجمعة.

فتاوى اللجنة الدائمة:

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.