Kesalahan-kesalahan Yang Banyak Tersebar Di umat Islam – Bagian ke-8

Kesalahan-kesalahan8KESALAHAN-KESALAHAN YANG BANYAK TERSEBAR DI UMAT ISLAM

Asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alus Syaikh [Menteri Urusan Agama Kerajaan Arab Saudi]

KESALAHAN-KESALAHAN DALAM AKIDAH DAN TAUHID

PERTAMA: Kesyirikan Yang Mengeluarkan Dari Islam

9. Bertanya Kepada Peramal, Dukun, Tukang Sihir Dan Membenarkan Ucapan Mereka

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi was sallam:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا أَوْ كَاهِنًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ، فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

“Siapa saja yang mendatangi peramal atau dukun lalu dia membenarkan apa yang diucapkan oleh peramal atau dukun itu, maka sungguh dia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu alaihi was sallam.”

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Al-Hakim dan beliau mengatakan: “Shahih sesuai dengan syarat keduanya (Al-Bukhary dan Muslim).” (Lihat: Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 3047 –pent)

Dalam riwayat Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu dia mengatakan:

مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ سَاحِرًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ، فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

“Siapa saja yang mendatangi dukun atau tukang sihir lalu dia membenarkan apa yang diucapkan oleh dukun atau tukang sihir itu, maka sungguh dia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad shallallahu alaihi was sallam.”  Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dan Abu Ya’la. Al-Mundziry dan Al-Hafizh Ibnu Hajar menilai sanadnya jayyid. Riwayat ini shahih berdasarkan syawahidnya.  (Lihat: Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 3048 –pent)
Apakah kekafiran yang disebutkan dalam hadits-hadits ini adalah kekafiran yang tidak mengeluarkan seseorang dari agama ini? Ataukah dibiarkan begitu saja sehingga tidak dikatakan sebagai kekafiran yang mengeluarkan dari agama dan tidak pula dikatakan tidak mengeluarkan? Pendapat yang pertama kuat, sedangkan pendapat yang kedua adalah pendapat yang masyhur dari Imam Ahmad.

10. Menggantungkan Potongan Kulit Serigala Di Dada Atau Di Rumah Karena Menyakininya Bisa Mengusir Jin, Ini Merupakan Kesyirikan

Telah berlalu dalilnya pada masalah ke-8. {lihat http://forumsalafy.net/?p=7381}

11. Menyembelih Sembelihan Di Tengah-tengah Pintu Karena Takut Kepada Jin Juga Merupakan Kesyirikan

Telah berlalu pendalilannya pada masalah ke-3 {lihat http://forumsalafy.net/?p=7019} dan ke-7  {lihat http://forumsalafy.net/?p=7289}

.

Bersambung In Syaa Allah…

Sumber artikel: Al-Minzhaar Fii Bayaani Katsiirin Minal Akhthaa’isy Syaai’ah

Alih Bahasa: Abu Almass
Rabu, 21 Dzulhijjah 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.