Kesalahan-kesalahan Yang Banyak Tersebar Di umat Islam – Bagian ke-6

Kesalahan-kesalahan6KESALAHAN-KESALAHAN YANG BANYAK TERSEBAR DI UMAT ISLAM

Asy-Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alus Syaikh [Menteri Urusan Agama Kerajaan Arab Saudi]

—————————————————————————————

KESALAHAN-KESALAHAN DALAM AKIDAH DAN TAUHID

—————————————————————————————

PERTAMA: Kesyirikan Yang Mengeluarkan Dari Islam

 

7. Takut Kepada Para Wali Atau Kepada Jin (ketakutan tersembunyi), Seperti Takut Ditimpa Keburukan Oleh Wali Atau Jin Jika Tidak Melakukan Sesuatu 

Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala:

إِنْ نَقُوْلُ إِلَّا اعْتَرَاكَ بَعْضُ آلِهَتِنَا بِسُوْءٍ قَالَ إِنِّيْ أُشْهِدُ اللهَ وَاشْهَدُوْا أَنِّيْ بَرِيْءٌ مِمَّا تُشْرِكُوْنَ مِنْ دُوْنِهِ.

“(Kaum Aad mengatakan): “Kami tidaklah mengatakan kecuali sebagian sesembahan-sesembahan kami akan menimpakan keburukan kepadamu.” Maka Huud menjawab: “Sesungguhnya aku mempersaksikan kepada Allah dan persaksikanlah oleh kalian bahwa aku berlepas diri dari semua yang kalian jadikan sekutu selain-Nya.” (QS. Huud: 54-55)

Takut merupakan ibadah hati yang agung yang wajib mengikhlaskannya hanya untuk Allah saja. Maka kapan saja seseorang takut kepada sesuatu seperti takutnya kepada Allah maka dia seorang musyrik.

Adapun takut yang sifatnya tabiat maka tidak ada dosa atasnya. Takut yang menjadikan seseorang meremehkan atau kurang dalam melaksanakan kewajiban atau yang menyeretnya untuk melakukan sesuatu yang diharamkan adalah takut yang tidak boleh, SEPERTI MENINGGALKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR KARENA TAKUT DICELA OLEH MANUSIA ATAU TAKUT TERHADAP GANGGUAN MEREKA.

.

Bersambung In Syaa Allah…

Sumber artikel: Al-Minzhaar Fii Bayaani Katsiirin Minal Akhthaa’isy Syaai’ah

Alih Bahasa: Abu Almass
Ahad, 18 Dzulhijjah 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.