HUKUM MENUDUH SEORANG MUSLIM SEBAGAI PEZINA DAN PEMABUK

HUKUM MENUDUH SEORANG MUSLIM SEBAGAI PEZINA DAN PEMABUK

Asy-Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al-Fauzan hafizhahullah

Penanya Mengatakan:

الشيخ هل يجوز قذف المسلم ورميه بالعاهر والعربيد والخمار في المسجد؟ وهل يجوز أخذ العلم على من يفعل ذلك؟

Wahai Syaikh yang mulia, apakah boleh menuduh seorang muslim dan menggelari dia sebagai pezina, pemabuk, pecandu khamer di masjid? Apakah boleh mengambil ilmu dari orang yang mengatakan demikian? 

لا يجوز  هذا. هذا كلام باطل كلام له غيبة  نميمة لا يجوز كلام في أعراض الناس

Tidak boleh ini. Ini perkataan yang batil, perkataan yang mengandung ghibah dan namimah (adu domba). Tidak boleh menjelekkan kehormatan manusia.

وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

“Janganlah ada di antara kalian yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Bukankah kalian merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang. (QS. Al-Hujurat 12)

سئل النبي صلى الله عليه وسلم عن الغيبة قال :

ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ، فَقِيْلَ : أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِيْ أَخِيْ مَا أَقُوْلُ ؟ قَالَ : إِنْ كَانَ فِيْهِ مِا تَقُوْلُ فَقَدِ اْغْتَبْتَهُ, وَ إِنْ لَمْ  يَكُنْ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدْ بَهَتَّهُ يعني كذبت عليه

Nabi shallallahu alaihi wasallam ditanya tentang ghibah, beliau menjawab: Ghibah adalah: “Engkau menyebutkan tentang saudaramu perkara yg dia benci. Sahabat bertanya : Wahai Rasulullah, bagaimana menurut anda, jika pada saudaraku memang ada yang aku katakan?

Beliau menjawab: Jika memang ada padanya apa yang engkau ucapkan, maka sungguh engkau telah berbuat ghibah kepadanya.

Jika tidak ada padanya apa yang engkau katakan, maka sungguh engkau telah berbuat buhtan kepadanya, yaitu berdusta atas dia.

Majalis Ramadhaniyyah Jum’at 2 Ramadan 1439 H

Download Audio di Sini

>> Sumber : https://t.me/Nataouan

© 1439 / 2018 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.