HUKUM MEMBAWA PERGI ANAK-ANAK KE TEMPAT HIBURAN (PERMAINAN)

HUKUM MEMBAWA PERGI ANAK-ANAK KE TEMPAT HIBURAN (PERMAINAN)

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

๐Ÿ“ฌ Pertanyaan:

ูŠุง ุตุงุญุจ ุงู„ูุถูŠู„ุฉุŒ ูŠูƒุซุฑ ุฐู‡ุงุจ ุฃูˆู„ูŠุงุก ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุจุฃุทูุงู„ู‡ู… ุฅู„ู‰ ู…ุง ูŠุณู…ู‰ ุจู…ู„ุงู‡ูŠ ุงู„ุฃุทูุงู„ุŒ ูˆููŠู‡ ู…ู† ุงู„ู…ุฎุงู„ูุงุช ุงู„ุดุฑุนูŠุฉ ู…ู† ุชุจุฑุฌ ุจุนุถ ุงู„ู†ุณุงุกุŒ ูˆุงู„ุฃุทูุงู„ ููŠู‡ู… ุญุฑุต ุดุฏูŠุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุฐู‡ุงุจ ุฅู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ู„ุงู‡ูŠุŒ ูู…ุง ุงู„ุญูƒู… ุงู„ุดุฑุนูŠ ููŠ ุงู„ุฐู‡ุงุจ ุฅู„ู‰ ู‡ู†ุงูƒุŸ

Wahai Syaikh yang mulia, banyak dari para wali membawa pergi anak-anak mereka ke sebuah tempat yang disebut tempat hiburan (permainan) anak-anak. Padahal di tempat tersebut banyak didapati berbagai pelanggaran syar’i seperti sebagian wanita yang bertabarruj (bersolek). Sedangkan anak-anak sangat senang sekali untuk pergi ke tempat hiburan (permainan) ini. Bagaimana hukum syar’i tentang bepergian ke sana?

๐Ÿ”“ Jawaban:

ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ู„ุงู‡ูŠ -ูƒู…ุง ุฐูƒุฑ ุฃุฎูˆู†ุง ุงู„ุณุงุฆู„- ููŠู‡ุง ู…ู†ูƒุฑุงุชุŒ ูˆุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู…ูƒุงู† ููŠู‡ ู…ู†ูƒุฑุงุช ูุฅู† ุงุณุชุทุงุน ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฃู† ูŠุฒูŠู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ู†ูƒุฑุงุช ูˆุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญุถูˆุฑ ู„ุฅุฒุงู„ุชู‡ุง

Tempat-tempat hiburan (permainan) ini -sebagaimana telah dijelaskan oleh saudara kita -penanya- di dalamnya terdapat berbagai kemungkaran. Apabila dalam sebuah tempat terdapat kemungkaran dan seseorang itu memiliki kemampuan menghilangkan kemungkaran tersebut, maka ia wajib datang untuk menghilangkan kemungkaran ini.

ูˆุฅุฐุง ู„ู… ูŠุณุชุทุน ุญุฑู… ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญุถูˆุฑุŒ ูˆุญูŠู†ุฆุฐู ู†ู‚ูˆู„: ุงุฎุฑุฌ ุจุฃูˆู„ุงุฏูƒ ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุฑ ูˆูƒูู‰ุŒ ูˆุฃู…ุง ุฃู† ูŠุคุชู‰ ุจู‡ู… ุฅู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ู„ุงู‡ูŠ ูˆููŠู‡ุง ุงู„ุงุฎุชู„ุงุทุŒ ูˆููŠู‡ุง ุงู„ุณูู‡ุงุก ุงู„ุฐูŠู† ูŠุบุงุฒู„ูˆู† ุงู„ู†ุณุงุกุŒ ูˆููŠู‡ุง ุงู„ุซูŠุงุจ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ู„ู…ุฑุฃุฉ ู„ุจุณู‡ุงุ› ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠุญู„ ุฃู† ูŠุฃุชูŠ ุฅู„ูŠู‡ุง ุฅู„ุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ู‚ุงุฏุฑุงู‹ ุนู„ู‰ ุฅุฒุงู„ุฉ ุงู„ู…ู†ูƒุฑ.

Namun bila ia tidak mampu, maka haram baginya mendatangi tempat tersebut. Karena itu kita katakan: Keluarlah engkau membawa anak-anakmu ke luar rumah dan sudah cukup. Adapun membawa mereka ke tampat-tempat hiburan (permainan) semacam ini yang di dalamnya terdapat ikhtilat (campur baur laki-laki dan perempuan), orang-orang dungu yang merayu para wanita, pakaian-pakain yang tidak halal dikenakan oleh wanita, maka tidak halal baginya mendatangi tempat ini kecuali bila ia mampu menghilangkan kemungkaran yang ada.

๐Ÿ“š Sumber :ย http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/mm_075_09.mp3

© 1439 / 2018 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.