HENDAKNYA SEORANG ITU TIDAK MENENTUKAN HEWAN KURBAN KECUALI KETIKA HENDAK MENYEMBELIHNYA, AGAR DIA BEBAS DALAM MENGGANTINYA

HENDAKNYA SEORANG ITU TIDAK MENENTUKAN HEWAN KURBAN KECUALI KETIKA HENDAK MENYEMBELIHNYA, AGAR DIA BEBAS DALAM MENGGANTINYA

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan: Jika seorang insan telah membeli dua ekor hewan yang dia maksudkan salah satunya untuk berkurban dan yang lainnya untuk diambil dagingnya. Apakah dia dipersyaratkan mesti menentukan hewan yang akan dia kurbankan dan tidak boleh digantikan dengan yang lainnya?

Jawaban: Tidak dipersyaratkan demikian.

Dan yang seyogyanya bagi seorang insan tidak menentukan hewan kurbannya kecuali ketika hendak menyembelihnya. Agar dia bebas dalam menggantinya dan merubahnya. Maka jika ia hendak menyembelihnya baru ia mengatakan ini adalah kurbannya si fulan, kurban untuk diriku dan keluargaku, atau kurban si fulan yang berwasiat dengannya. Atau ungkapan semisal itu.

***

Fatawa Nur ala Ad-Darbi Syaikh Ibnul Utsaimin. 13/2

Sumber: http://tinyurl.com/zwqyov7

 


ينبغي للإنسان أن لا يعين الأضحية إلا عند ذبحها لأجل أن يكون حراً في تبديلها

السؤال:إذا اشترى إنسان ذبيحتين يقصد إحداهما للأضحية والأخرى لحماً فهل يشترط أن يعين التي سيضحي بها بعينها ولا يجوز له تبديلها بالأخرى؟

الجواب: لا ليس بشرط والذي ينبغي للإنسان أن لا يعين الأضحية إلا عند ذبحها لأجل أن يكون حراً في تبديلها وتغييرها فإذا أراد أن يذبحها يقول هذه أضحية فلان أضحية عني وعن أهل بيتي أو عن فلان الذي أوصى بها أو ما أشبه ذلك.

فتاوى نور على الدرب للعثيمين(13/2

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.