HARTA YANG SUDAH MENCAPAI NISHAB, SEBULAN SEBELUM TIBA MASA HAUL DI GUNAKAN UNTUK BERDAGANG, APAKAH TERKENA ZAKAT

HARTA YANG SUDAH MENCAPAI NISHAB, SEBULAN SEBELUM TIBA MASA HAUL DI GUNAKAN UNTUK BERDAGANG, APAKAH TERKENA ZAKAT

Asy Syaikh Abdullah al-Bukhary hafizhahullah

Pertanyaan: Penanya mengatakan: Seorang pria memiliki harta dan telah mencapai nishab. Sebulan sebelum tiba masa haul, ia menggunakan harta tersebut untuk berdagang. Ia bekerja sama dengan seorang lelaki lain dalam berdagang. Dengan tibanya masa haul, apakah hartanya tersebut tetap terkena zakat atau tidak?

Jawaban:

Jika ia tidak menjadikan perbuatan ini sebagai alasan dan hilah (muslihat), yaitu masuknya harta tersebut ke dalam kerja sama dagang dengan orang lain, jika ia tidak menjadikan masuknya harta tersebut ke dalam rekanan dagang ini sebagai hilah (muslihat) dan siasat supaya tidak membayar zakat, jika ia tidak melakukannya (sebagai hilah) maka tidak ada zakat baginya. Namun kalau ia melakukan hal ini sebagai siasat supaya tidak membayar zakat, maka zakat itu tetap wajib atasnya dan ia berdosa.

Dan pada hak orang ini diterapkan kaedah fikhiyah kubra:

المعاملة بنقيض القصد

“Menyikapi seseorang yang melanggar syariat dengan cara sesuatu yang menghalangi ke inginannya”

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11872

* Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

——-

السؤال:
قال سائلٌ : هذا رجلٌ عندهُ مال وبلغ النِّصاب، وقبل أن يحول عليه الحول بشهر، استعمل هذا المال في تجارة، فشارك مع رجلٍ آخر في تجارة؛ فهل ماله هذا فيه زكاة مع حلول الحول أم لا؟

الجواب:
إذا لم يتَّخذ هذا الأمر ذريعةً وحيلة، أعني الدخول في شراكة مع الآخر، إذا لم يتَّخذ دخولهُ إلى الشَّراكة حيلة، وتَحايَل بها عن إخراج الزكاة، إذا لم يفعل فلا زكاة عليه، ولو كان عمِل هذا العمل، وفعل هذا الفعل تُحايلًا حتى لا يُخرج الزَّكاة، فتجبُ عليه الزَّكاة وهو آثم، وتُطبَّق في حقِّه القاعدة الفقهيَّة الكُبرى: (المُعاملة بنقيض القصد).

Download
Judul: HARTA YANG SUDAH MENCAPAI NISHAB, SEBULAN SEBELUM TIBA MASA HAUL DI GUNAKAN UNTUK BERDAGANG, APAKAH TERKENA ZAKAT Pembicara: Asy Syaikh Abdullah al-Bukhary hafizhahullah Tanggal: 25 Shawwal 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.