HAKIKAT UKHUWAH

HAKIKAT UKHUWAH

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan: Apakah seseorang mendapatkan udzur jika dia membenci sebagian orang dilandasi sebuah sebab atau bahkan tanpa sebab? Dan apakah ini masuk dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Sesungguhnya kecintaan hati tidaklah berada di bawah kendalimu.” ?

Jawaban:

Kami tidak mengetahui hadits ini.  Akan tetapi, yang wajib bagi setiap muslim untuk mencintai saudaranya karena Allah dan tidak boleh dia membencinya kecuali jika saudaranya tersebut melakukan kemungkaran, maka dia membencinya sekadar perbuatan mungkar yang dia lakukan atau kalau dia orang kafir, maka dia membencinya karena Allah.

Adapun membenci saudaranya tanpa sebab, maka tidak boleh, dan yang wajib adalah mencintai saudaranya karena Allah, mencintai dan membenci karena Allah.

Dan tidak diperbolehkan membenci saudaranya tanpa haq.

Adapun kalau dia membenci saudaranya karena dia telah mendzoliminya atau mengambil hartanya atau saudaranya melaporkan dia ke pemerintahan dengan tanpa alasan yang benar sehingga dia merasa tersakiti atau semisalnya, maka tidak mengapa dia membencinya sekadarnya saja dan dia masih tetap mencintainya dikarenakan keislaman dan keimanan yang ada pada saudaranya.

~

Sumber:  http://www.binbaz.org.sa/node/20502

* Alih bahasa : Syabab Forum Salafy

——————
هل بغض الإنسان لبعض الناس بسبب أو بدون سبب يكون له عذر في ذلك، وهل يدخل هذا في قوله- عليه الصلاة والسلام-: (إن محبة القلب ليست بيده)؟

لا نعرف هذا الحديث, لكن الواجب على المسلم يحب أخاه في الله, ولا يبغضه ولا يجوز له بغضه, إلا إذا كان يتعاطى منكرات أبغضه على قدرها, أو كافر يبغضه في الله, أما يبغضه لغير سبب فلا يجوز, فالواجب حبه لأخيه في الله, يحبه في الله ويبغضه في الله, ولا يجوز له بغض أخيه بغير حق, أما إذا أبغضه؛ لأنه ظلمه؛ لأنه أخذ إرثه؛ لأنه رفع أمره إلى السلطان بغير حق حتى أوذي أو ما أشبه ذلك يبغضه على قدر هذا, ويحبه على قدر ما عنده من الإسلام والإيمان.

Download
Judul: HAKIKAT UKHUWAH Pembicara: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah Tanggal: 22 Dhu al-Qi'dah 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.