Hakekat Kitab 1001 Malam

Hakekat Kitab 1001 Malam1

HAKEKAT KITAB 1001 MALAM

Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah

| | |

Pertanyaan: Sebagian kitab sejarah –terkhusus kitab 1001 Malam– menyebutkan bahwa Khalifah Harun Ar-Rasyid tidak dikenal kecuali dengan perbuatan sia-sia dan minum khamr. Apakah hal ini benar?

Jawaban:

Ini merupakan kedustaan, mengada-ada, dan sesuatu yang disusupkan ke dalam sejarah Islam. Kitab 1001 Malam adalah kitab yang tidak ada harganya dan tidak bisa dijadikan pegangan, dan tidak sepantasnya bagi seorang muslim untuk menyia-nyiakan waktunya dengan membacanya.

Harun Ar-Rasyid terkenal dengan kesalehan, kesungguhan dan baik dalam mengurusi rakyat, dan beliau membagi waktunya dengan melaksanakan haji setahun dan berjihad pada tahun berikutnya. Dan kedustaan semacam ini yang dimasukkan dalam kitab ini tidak perlu menoleh kepadanya, dan tidak sepantasnya bagi seorang muslim untuk membaca kitab kecuali yang mengandung faedah, seperti kitab-kitab sejarah yang terpercaya, kitab tafsir, hadits, fikih, dan akidah yang dengannya seorang muslim bisa mengerti urusan agamanya. Adapun kitab-kitab yang rusak maka tidak sepantasnya seorang muslim –apalagi seorang penuntut ilmu– untuk menyia-nyiakan waktunya dengan membacanya.

Sumber artikel:
Al-Muntaqaa min Fataawa Al-Fauzan, 2/306, pertanyaan no. 275

Alih bahasa: Abu Almass
Kamis, 7 Sya’ban 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.