GADGET DAN MEDIA-MEDIA TERMASUK MUSUH TERBESAR BAGI PARA PENUNTUT ILMU

GADGET DAN MEDIA-MEDIA TERMASUK MUSUH TERBESAR BAGI PARA PENUNTUT ILMU!!

Asy-Syaikh Muhammad bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah

Perkara ketiga yang saya wasiatkan kepada kalian adalah hendaklah kalian menjauhi media-media ini semampunya, dan jangan menulis padanya kecuali sekedar kebutuhan dengan menukil dari ulama dengan penukilan yang terpercaya dan ilmu yang dipastikan kebenarannya.

Dan waspadalah terhadap ketertipuan dan ujub (merasa kagum dengan diri sendiri), karena UJUB MEMBINASAKAN, MEMBINASAKAN, dan MEMBINASAKAN pelakunya, maka waspadalah, karena sesungguhnya ujub menyeret amal pelakunya hingga lenyap disapu banjir bandang, dan saya memohon taufiq kepada Allah Jalla wa ’Ala untuk kami dan kalian semuanya.

Perkara keempat yang saya wasiatkan kepada kalian sebagai penutup –wahai segenap orang-orang yang saya cintai– adalah semangat menjaga waktu, dan MUSUH TERBESAR YANG MENGHABISKAN WAKTU KITA ADALAH MEDIA-MEDIA INI!!

Sekarang saya mengkhususkan nasehat kepada kalian untuk perkara tersebut, MUSUH TERBESAR YANG ADA DI HADAPAN PARA PENUNTUT ILMU ADALAH MEDIA-MEDIA INI.

Engkau terkadang duduk bersama seseorang yang sibuk dengannya, engkau ada di sampingnya, tetapi dia tidak berbicara denganmu, tidak mendiskusikan ilmu bersamamu, tidak ada komunikasi denganmu, tidak menanyakan bagaimana keadaanmu, semua kesibukannya hanya tercurah pada gadgetnya. Perkara apakah yang dia perhatikan hingga semacam ini keadaannya?!

Jadi inilah yang telah menghabiskan waktu kalian dengan uang dan harta kalian sendiri, sebelumnya mungkin waktu habis tanpa menghabiskan uang, tetapi sekarang engkau rugi harta dan waktu, rugi harta dan waktu. Kerugian harta adalah yang memenuhi nota belanja, sedangkan waktu yang habis adalah yang hilang pada omong kosong yang kebanyakannya tidak bermanfaat, ini kalau sekedar tidak bermanfaat masih mending, tetapi kenyataannya kebanyakannya membahayakan.

Sekarang musibah ini sangat besar masuk ke tengah-tengah kita segenap para penuntut ilmu. Maka waspadalah, waspadalah, dan waspadalah jangan sampai kalian tunduk kepada perangkat-perangkat ini!!

Hendaknya seseorang semangat menjaga waktunya dengan sibuk bersama kitabnya, atau bersama seseorang yang bisa mendiskusikan isi kitabnya, atau bersama keluarganya untuk menunaikan kewajiban dari Allah yang menjadi hak mereka, atau menunaikan hak dirinya berupa istirahatnya.

Media-media ini –wahai segenap orang-orang yang saya cintai– siapa saja yang masuk ke dalamnya maka itu menjadi seperti narkoba, yaitu membuat seseorang ketergantungan atau ketagihan, hampir-hampir dia tidak bisa lepas darinya.

Maka saya wasiatkan kepada kalian –wahai segenap orang-orang yang saya cintai– agar menjauh darinya dan semangat menjaga waktu kalian serta tidak menghabiskannya untuknya.

***

Audio : Download di Sini

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.