Dua Sebab Terbesar Menyimpangnya Sebuah Kaum Dari Sunnah

DUA SEBAB TERBESAR MENYIMPANGNYA SEBUAH KAUM DARI SUNNAH

Berkata ibnu baththah رحمه الله

Ketahuilah wahai saudaraku !!..

Sungguh aku telah memikirkan dan mencermati, dan aku dapatkan sebab terbesar yang mengeluarkan sekelompok kaum dari sunnah dan menyeret mereka kepada kebid’ahan serta membukakan pintu malapetaka bagi hati-hati mereka sehingga cahaya kebenaran itu terhalang dari pandangan mereka, maka aku dapati ada pada dua perkara:

Sebab pertama: Berdalam-dalam, dalam membahas dan mempertanyakan perkara-perkara yang tidak bermanfaat, perkara yang tidak mengapa bagi seseorang untuk tidak mengetahuinya, bahkan memahaminya pun tidak ada manfaatnya bagi kaum mu’min.

Sebab kedua: Bermajlis dan bergaul dengan orang yang tidak dirasa aman dari fitnahnya, dan bisa merusak hati siapa saja yang bergaul dengannya.

Sumber: Kitab al- Ibanah al- Kubro. 1/390

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

========================

قال ابن بطة رحمه الله:

«اعلموا إخواني أنِّي فكَّرتُ في السبب الذي أخرج أقوامًا من السنَّة والجماعة، واضطرَّهم إلى البدعة والشناعة، وفتح باب البليَّة على أفئدتهم، وحجب نور الحقِّ عن بصيرتهم، فوجدتُ ذلك من وجهين: أحدهما: البحث والتنقير وكثرة السؤال عمَّا لا يغني ولا يضرُّ العاقلَ جهلُه، ولا ينفع المؤمنَ فهمُه. والآخر: مجالسة من لا تُؤْمَن فتنتُه، وتُفسد القلوبَ صحبتُه».

[«الإبانة الكبرى» لابن بطَّة (1/ 390)]

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.