Doa Untuk Mensucikan Hati Dari Sifat Iri, Dengki, Ghibah Dan Namimah

Doa Untuk Mensucikan HatiDOA UNTUK MENSUCIKAN HATI DARI SIFAT IRI, DENGKI, GHIBAH DAN NAMIMAH.

Asy Syaikh ‘Abdul ‘Aziiz bin Baaz rahimahullah

Apa doa untuk mensucikan hati dari iri dan dengki, dan mensucikan lisan dari ghibah, namimah (adu domba) dan dusta?

Jawaban :

Seorang muslim dan muslimah berdoa meminta setiap apa yang bermanfaat untuknya pada hal itu. Maka dia bisa membaca (doa) :

“اللهم طهر قلبي من كل خلق لا يرضيك، اللهم طهر قلبي من الغل والحقد والحسد والكبر، اللهم طهر قلبي من كل سوء ، ومن كل أذى ، ومن كل داء .

(Artinya) : ”Ya Allah, sucikanlah hatiku dari setiap akhlaq yang tidak membuatMu ridha. Ya Allah sucikanlah hatiku dari kebencian, sifat iri, dengki dan sombong. Ya Allah sucikanlah hatiku dari setiap kejelekkan, dari setiap gangguan, dan dari setiap penyakit.”

Semua itu adalah kalimat yang baik. Maka jika seorang muslim atau muslimah itu berdoa dengan doa seperti ini, maka itu adalah baik, (atau) menggunakan kalimat yang lengkap :

اللهم طهر قلبي من كل سوء ، اللهم طهر قلبي من كل ما يبغضك، اللهم طهر قلبي من كل غلٍ وحقدٍ وحسد، وكبر

(Artinya) : ”Ya Allah sucikanlah hatiku dari segala kejelekkan, ya Allah sucikanlah hatiku dari apa yang membuatMu Marah. Ya

Allah, sucikanlah hatiku dari segala kebencian, sifat iri, dengki dan sombong’

Dan (doa lain) yang semisal itu,   membaca :

“اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك، ويا مصرف القلوب صرف قلبي على طاعتك” .

(Artinya) : ”Ya Allah, wahai Yang Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamaMu. Wahai Dzat Yang mengarahkan hati, arahkanlah hatiku untuk mentaatiMu.”

“اللهم أصلح قلبي وعملي ، اللهم أصلح قلبي وعملي، اللهم طهر قلبي من كل سوء، اللهم طهر قلبي من كل داء، اللهم طهر قلبي وجوارحي من كل سوء، اللهم طهر قلبي وجوارحي من كل ما يغضبك .

(Artinya) : ”Ya Allah perbaikilah hatiku dan amalanku. Ya Allah perbaikilah hatiku dan amalanku. Ya Allah sucikanlah hatiku dari setiap kejelekkan. Ya Allah sucikanlah hatiku dari setiap penyakit. Ya Allah sucikanlah hatiku dan anggota badanku dari segala kejelekkan. Ya Allah sucikanlah hatiku dan anggota badanku dari setiap apa yang membuatMu marah.”

Semua itu adalah kalimat-kalimat yang sesuai dan bagus. Semoga Allah membalas kalian dengan yang lebih baik.

Sumber :
http://www.binbaz.org.sa/mat/9176

Alih Bahasa : Ustadz Abu Hafs Umar al Atsary

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.