Cara Mengatasi Perselisihan Dan Salah Paham Diantara Salafiyun

Mengatasi PerselisihanCARA MENGATASI PERSELISIHAN DAN SALAH PAHAM DIANTARA SALAFIYUN

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady Al-Madkhaly hafizhahullah

Pertanyaan: Terkadang muncul banyak perselisihan dan salah paham diantara Salafiyun sendiri. Maka bagaimana bimbingan dan nasehat Anda agar ikhwah Salafiyun bisa satu hati dan saling membuang fitnah dan perselisihan?

Jawaban:

Hal semacam ini muncul karena lemah dalam ketakwaan, lemah dalam kekokohan dan lemah dalam keistiqamahan. Seandainya di sana ada kekokohan dan keistiqamahan di atas urusan Allah yang benar, niscaya engkau tidak akan menjumpai perkara-perkara semacam ini.

Hanya saja di sana ada penyakit-penyakit hati, maka hendaknya mereka membebaskan diri dari penyakit-penyakit hati tersebut, kokoh dan istiqamah di atas kebenaran. Ketika itu mereka akan menjadi satu hati, sebagaimana sabda Nabi shallallahu alaihi was sallam:

الْمُؤْمِنُوْنَ كَالْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى عُضْوًا تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ جَسَدِهِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Orang-orang yang beriman itu seperti satu badan, jika salah satu anggota badan mengeluh karena sakit, maka seluruh badan akan ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam.”  (Lihat: Al-Bukhary no. 6011 dan Muslim no. 2586 –pent)

Maka saya wasiatkan mereka agar bertakwa kepada Allah, kokoh, dan istiqamah. Dan sebelum kepada mereka, saya mewasiatkan semua itu kepada diri saya sendiri. Baarakallahu fiikum.

Dan hendaknya kalian bersemangat untuk saling bersaudara, saling mencintai, saling menyayangi, dan saling mengunjungi karena Allah Tabaraka wa Ta’ala. Daripada kita saling bermusuhan, saling membenci, dan saling tidak menyukai, lebih baik kita saling mencintai, saling menyayangi, dan saling bersikap lembut.

Kemudian, termasuk perkara yang akan menjauhkan kita dari perselisihan adalah dengan kita menjauhi sebab-sebab yang akan menyeret kepada perpecahan semuanya. Misalnya dengan si fulan pergi bersama Sururiyun dan mengatakan: “Saya tidak ingin meninggalkannya.” Hal semacam inilah yang menyebabkan perpecahan dan fitnah. Lalu yang ini pergi bersama Al-Ikhwan Al-Muslimun, yang itu pergi bersama partai A, yang itu lagi pergi bersama kelompok B. Itu semua menyebabkan perpecahan dan memecah belah Salafiyun serta perselisihan diantara mereka. Sebab-sebab yang lain banyak sekali, tidak ada yang bisa menghitungnya selain Allah Azza wa Jalla.

Maka hendaknya kalian menjauhi sebab-sebab perselisihan secara total, dan semangatlah untuk berpegang teguh dengan Al-Kitab dan As-Sunnah, serta saling memahami diantara kalian yang tentunya hal itu berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya alaihis shalatu  was salam. Dengan ini semua niscaya hati dan jasad kalian akan saling mencintai dan bersatu di atas kebenaran dan kebaikan. Baarakallahu fiikum.

Sumber artikel:
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=146633

Download Audio Di sini

Alih bahasa: Abu Almass

Sabtu, 5 Dzulqa’dah 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.