Bolehkah Puasa Arafah Jika Bertepatan Dengan Hari Jum’at

Bolehkah Puasa Arafah Jika Bertepatan Hari Jum'atBOLEHKAH PUASA ARAFAH JIKA BERTEPATAN DENGAN HARI JUM’AT

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah

Pertanyaan: Hari Arafah pernah bertepatan dengan hari Jum’at, dan saya berpuasa pada hari Jum’at yang bertepatan dengan hari Arafah tersebut dan saya tidak berpuasa pada hari Kamis sebelumnya. Apakah saya berdosa?

Jawaban:

Kami berharap engkau tidak berdosa, karena engkau tidak meniatkan untuk puasa pada hari Jum’at saja. HANYA SAJA JIKA ENGKAU JUGA BERPUASA PADA HARI KAMIS MAKA HAL ITU LEBIH HATI-HATI. Karena Rasulullah shallallahu alaihi was sallam melarang untuk mengkhususkan hari Jum’at dengan berpuasa [1] bagi orang yang melakukan puasa nafilah (jadi tidak berlaku bagi yang membayar hutang puasa –pent). Engkau melakukan puasa nafilah, maka jika engkau juga berpuasa pada hari Kamis maka akan lebih hati-hati, walaupun niatmu adalah puasa Arafah. Hanya saja jika seorang mu’min berusaha mencocoki Nabi shallallahu alaihi was sallam dan melaksanakan perintah beliau maka akan lebih hati-hati. Adapun jika berpuasa pada hari Jum’at karena ingin mendapatkan keutamaan hari tersebut maka tidak boleh, karena Rasulullah shallallahu alaihi was sallam melarangnya. Tetapi jika dia berpuasa pada hari Jum’at karena bertepatan dengan hari Arafah maka kami berharap tidak ada dosa atasnya. Hanya saja kalau lebih berhati-hati dengan berpuasa juga pada hari Kamis maka akan lebih selamat.

Catatan Kaki: 

[1] Hal ini berdasarkan hadits Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda:

لَا تَخْتَصُّوْا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوْا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ.

“Janganlah kalian mengkhususkan malam Jum’at diantara malam-malam yang lain dengan melakukan shalat, dan janganlah mengkhususkan hari Jum’at diantara hari-hari yang lain dengan melakukan puasa.”  (Al-Bukhary no. 1985 dan Muslim no. 1144 dan ini adalah lafazh Muslim –pent)

Sumber artikel: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=147447

Download Audio Di Sini

Alih Bahasa: Abu Almass

Senin, 5 Dzulhijjah 1435 H

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.