Bolehkah Meruqyah Dengan Surat Al-Baqarah Untuk Orang Sakit

BOLEHKAH MERUQYAH DENGAN SURAT AL-BAQARAH UNTUK ORANG SAKIT

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله

Pertanyaan:

Sebagian orang yang biasa melakukan ruqyah memerintahkan kepada pasiennya untuk membaca surah al-Baqarah secara utuh satu surah dalam satu majelis, dan sebagian lagi mengatakan tidak ada dalil yang mengkhususkan perkara tersebut.
Apakah boleh membaca surah al-Baqarah secara keseluruhan kepada orang sakit?

Jawaban:

Perkara ini (membaca al-Baqarah secara utuh kepada orang sakit) tidak ada dasarnya, membacanya secara utuh bisa memberatkan dan juga tidak ada dalilnya. Akan tetapi, yang dibacakan pada orang sakit adalah tiga surah: al-Ikhlas, al-Falq, dan an-Nas, juga bisa dengan al-Fatihah atau dengan ta’awwudz (doa perlindungan), yang disyariatkan yang ini semua merupakan sebab-sebab kesembuhan yg terbesar dengan izin Allah. Adapun membaca al-Baqarah secara utuh maka tidak ada dalilnya, tetapi yang ada dalilnya adalah syaithon akan lari dari rumah yang dibacakan padanya surah al-Baqarah.

Na’am

Sumber: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=151955#entry711354

Alihbahasa : Syabab Forum Salafy

***   ***

السؤال :
بعض الذين يقومون بالرقية يأمر المريض بأن يقرأ سورة البقرة كاملة في جلسة واحدة و البعض الاخر يقول ليس هناك دليل يخصص ذلك هل قراءة سورة البقرة كاملة على المريض فيها شيْ ؟

فضيلة الشيخ :
لا اصل لهذا ، قراءة البقرة كاملة هذا يشق ، و لا ورد به دليل ، إنما يقرأ على المريض السور الثلاث : سورة الإخلاص و الفلق و الناس ، تقرأ عيله سورة الفاتحة ، و يعوذ بالتعويذات الشرعيه ، و هذا من أعظم الأسباب للشفاء بأذن الله ، أما قراءة البقرة كاملة فهذا ما ورد به دليل أنه تقرأ على المريض ، إنما ورد (أن الشيطان يفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة) . نعم

Download
Judul: BOLEHKAH MERUQYAH DENGAN SURAT AL-BAQARAH UNTUK ORANG SAKIT Pembicara: Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله Tanggal: 11 Rajab 1436
© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.