Bolehkah Menghadiri Prosesi Pemakaman Keluarga Yang Kafir

BOLEHKAH MENGHADIRI PROSESI PEMAKAMAN KELUARGA YANG KAFIR

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan: Semoga Allah memberkahi anda wahai Syaikh kami. Pertanyaan ketiga:

Penanya berkata; Bahwasannya nenek saya wafat dan dia kafir, sementara kedua orang tua saya yang juga kafir akan mengadakan prosesi pemakaman dan ta’ziyah. Mereka meminta saya untuk hadir. Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan saya tahu kalau mereka akan membenci saya kalau saya tidak hadir? Baarokallahu fiikum wa nafaa’ bikum

Jawaban:

Tidak ada dosa atasmu untuk tidak mentaati mereka berdua.

” Tidak ada ketaatan kepada mahluk dalam rangka bermaksiat kepada sang pencipta “.

Mereka semua kafir, kedua orang tuamu dan nenekmu. Adapun nenekmu maka dia termasuk penduduk neraka jika dia mati diatas kekafirannya, adapun kedua orang tuamu maka kita memohon kepada Allah untuk memberikan hidayah islam kepada mereka.

Adapun anda, maka jangan hadir pada (prosesi pemakaman tersebut) ! !

Berpalinglah dan katakan : Sungguh agamaku mengharamkan yang seperti ini.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11346

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

========================

السؤال:
بارك الله فيكم شيخنا، السؤال الثالث عشر، يقول: تُوفِّيَت جدتي وهي كافرة، ووالداي يريدان إقامة مراسم للدفن والتعزية وهما أيضًا كافران، ويريدان مني الحضور؛ فكيف لي أن أتصرف إذا علمت أنهم قد يعاديانني إذا لم أحضر؟ بارك الله فيكم ونفع بكم.

الجواب:
ما عليك منهما ((لَا طَاعَةَ لِمَخْلُوقٍ فِي مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ)) كُفَّار مع بعضهم، أبَوَاك والجَدَّة، فالجدة من أهل النار مادامت ماتت كافرة، ونسأل الله لأبويْك الهداية العاجلة للإسلام، فلا تحضر انصرف، قل إن هذا في ديني مُحَرَّم.

Download
Judul: BOLEHKAH MENGHADIRI PROSESI PEMAKAMAN KELUARGA YANG KAFIR Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 4 Sha'aban 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.