Bolehkah Mengangkat Pembantu Wanita dari Kalangan Orang Kafir

BOLEHKAH MENGANGKAT PEMBANTU WANITA DARI KALANGAN ORANG KAFIR

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan حفظه الله

Pertanyaan:  Saya memiliki pembantu wanita non muslim, dan saya memberikan dia buku-buku Islam dan kaset-kaset Islam dengan bahasa negaranya, dengan harapan semoga Allah memberi hidayah kepadanya untuk masuk Islam. Akan tetapi dia menolak semuanya.  Apakah saya sudah terlepas dari tanggung jawab terhadapnya.
Dan secara khusus pembantu ini pintar dalam bekerja dan amanah.

Jawaban:

Jawabannya adalah tidak boleh menjadikan pembantu dari kalangan kafir yang padanya terdapat banyak pengaruh negatif terhadap akidah dan akhlak keluarga.

Maka wajib bagimu untuk tidak lagi mengangkat seorang pembantu kafir bahkan menjadikan pembantu wanita dengan tanpa dia didampingi mahramnya, tidak diperbolehkan walaupun dia seorang muslimah dikarenakan padanya terdapat berbagai efek negatif yang begitu nampak. Dan jika engkau terpaksa harus mengangkat seorang pembantu wanita, maka pilihlah pembantu yang muslimah dan dia disertai mahramnya.

Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/4150

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

***   ***   ***

السؤال يوجد لدي خادمة غير مسلمة وزودتها بالكتب والأشرطة الإسلامية حسب لغة بلادها لعل الله يهديها للإسلام ولكنها امتنعت عن ذلك هل برئت ذمتي في ذلك خاصة وأنها جيدة في عملها وأمينة‏؟‏

نص الإجابة لا يجوز استقدام الخادمة غير المسلمة لما في ذلك من الخطر على عقائد الأسرة وأخلاقهم، فالواجب عليك أن لا تعيد استقدامها مرة أخرى بل إن استقدام النساء بدون محارمهن لا يجوز ولو كن مسلمات لما في ذلك من المحاذير الظاهرة فإذا كنت مضطرًّا لاستقدام خادمة فلتكن مسلمة ومع محرمها.‏‏

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.