Bolehkah Memusnahkan Kitab-kitab Karya Orang Menyimpang

bolehkah memusnahkan

Kami memiliki sebuah masjid di Perancis, di distrik kami. Di dalamnya terdapat kitab-kitab sebagian orang-orang yang menyelisihi (jalan al-haq, pen). Bolehkan bagi kami untuk memusnahkannya?

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry hafizhahullah

Soal: Semoga Allah senantiasa berbuat baik kepada kalian. Ini adalah pertanyaan yang keempat pada pertemuan ini. Seorang penanya berkata, “Kami memiliki sebuah masjid di Perancis, di distrik kami. Di dalamnya terdapat kitab-kitab sebagian orang-orang yang menyelisihi (jalan al-haq, pen). Kami bolak-balik di masjid tersebut untuk melaksanakan shalat. Bolehkan bagi kami untuk memusnahkan kitab-kitab tersebut? Atau apa yang semestinya kami lakukan?

Jawaban: Masjid ini, sesuai apa yang saya ketahui di negara-negara Amerika dan Eropa, setiap masjid ada lembaga (yang berhak untuk mengaturnya, pen). Tempat apapun yang didirikan masjid padanya, masjid tersebut di bawah tanggungan (pengawasan) lembaga-lembaga mereka. Maka janganlah kalian melampaui batas (berbuat kerusakan) terhadap masjid tersebut, wahai salafiyin. Wajib bagi kalian untuk menasehati lembaga itu serta menjelaskan kesesatan kitab-kitab tersebut. Seperti kitab-kitab Sayyid Qutub, Hasan al-Banna, Fathi Yakun atau Yakan, dan selain mereka dari kitab-kitab yang (pengarangnya, pen) dikenal dengan para pemikir.

Jika mereka menyambut nasehat tersebut, sungguh itu adalah kenikmatan. Jika mereka tidak menyambutnya, tinggalkan mereka dan shalatlah bersama kaum muslimin, jika mereka adalah ahli bid’ah. Selain orang-orang yang kebid’ahannya adalah mukaffirah (yang menyebabkan pelakunya dikafirkan, pen), janganlah kalian shalat di belakangnya. Iya.

✏Alihbahasa: Ustadz Abu Bakar Jombang hafizhahullah

حفظه الله السؤال: أحسن اللهُ إليكم، هذا السؤال الرابِع في اللقاء يقول: عندنا مسجد في فرنسا بِحَيِّنا وفيهِ كُتُب بعض المُخالفين ونحنُ نرتادهُ للصلاة فيه؛ فهل يجوزُ لنا إتلافُها؟ أم ماذا نفعل؟ الجواب: هذا المسجد حسبما عرفتهُ في البلاد الأمريكية والأُوربية، أنَّ كُل مسجد لهُ إدارة، فما أوتي به المسجد يكونُ ضمن إدارتِهم فلا تَتَعَدَّوْا عليه يا معشر السلفيين، عليكم النصيحة لهذه الإدارة، وبيان ضلال هذه الكُتُب، مثل: كُتُب سيد قُطُب، كُتُب حسن البنا، وفتحي يَكُن أو يَكَن، وغيرهم من كتب ما يُسَمَوْن بالمُفكرين فإن استجابوا فبها ونعمة، وإن لم يستجيبوا فَدَعُوهُم، وصَلُّوا مع المُسلمين، وإن كانوا مُبتَدِعة إلَّا من بدعتهُ مُكَفِّرَة فلا تُصَلُّوا خلفه. نعم.

"</p http://ar.miraath.net/fatwah/10245

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.