BENARKAH HARUS MENYEBUTKAN KEBAIKAN ORANG YANG MENYIMPANG KETIKA KITA MEMBANTAHNYA

BENARKAH HARUS MENYEBUTKAN KEBAIKAN ORANG YANG MENYIMPANG KETIKA MEMBANTAHNYA?!!

Bantahan-fsiAllah Ta’ala berfirman:

قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُم بِشَرٍّ مِّن ذَلِكَ مَثُوبَةً عِندَ اللّهِ مَن لَّعَنَهُ اللّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُوْلَئِكَ شَرٌّ مَّكَاناً وَأَضَلُّ عَن سَوَاء السَّبِيلِ.

“Katakanlah; maukah kukabarkan kepada kalian tentang orang yang lebih buruk balasannya di sisi Allah, yaitu orang yang dilaknat dan dimurkai oleh Allah dan sebagian mereka Dia jadikan sebagai kera-kera dan babi-babi, dan para penyembah thaghut, mereka itulah orang-orang yang paling buruk tempatnya dan paling tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Maidah: 60)

Asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah berkata ketika menjelaskan ayat ini:

في الآية رد على من يقول: إنه ينبغي ذكر محاسن الطوائف الضالة والأشخاص الضالين من المبتدعة وغيرهم، لأن الله ذكر معايبهم ولم يذكر لهم شيئا من المحاسن.
ففي الآية رد صريح على هذه المقالة التي يراد منها السكوت عن البدع والخرافات.

“Dalam ayat ini terdapat bantahan terhadap orang yang mengatakan bahwa sepantasnya menyebutkan kebaikan-kebaikan kelompok-kelompok sesat dan orang-orang sesat dari kalangan mubtadi’ dan selain mereka, karena Allah hanya menyebutkan keburukan mereka dan sama sekali tidak menyebutkan kebaikan mereka sedikitpun. Jadi dalam ayat ini terdapat bantahan yang jelas terhadap ucapan semacam ini yang bertujuan untuk mendiamkan (tidak membantah -pent) berbagai bid’ah dan khurafat.”

***

? I’anatul Mustafid, jilid 1 hlm. 453

? Channel telegram asy-Syaikh Fawaz al-Madkhaly hafizhahullah

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.