Bantahan Untuk Manusia yang Tidak Menganggap Penting dan Meremahkan Ilmu Jarh Wat Ta’dil

Bantahan Untuk Manusia yang Tidak Menganggap Penting dan Meremahkan Ilmu Jarh Wat Ta'dilBANTAHAN UNTUK -MANUSIA- YANG TIDAK MENGANGGAP PENTING DAN MEREMEHKAN ILMU JARH WAT TA’DIL

Asy Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi’i رحمه الله

Ini adalah bantahan al Allamah al Muhaddits Muqbil bin Hadi al Wadi’i rahimahullah terhadap orang yang membuat (manusia) tidak menganggap penting dan tidak perhatian terhadap ilmu al jarh wat ta’dil.

Al Imam al Wadi’i rahimahullah berkata,؛

Orang yang membuat (manusia) tidak menganggap penting dan tidak perhatian terhadap ilmu al jarh wat ta’dil hakikatnya telah membuat manusia tidak butuh terhadap sunnah.

Apabila tidak ada al jarh wat ta’dil, maka ucapan seorang dai yang menyeru ke jalan Allah, yang berilmu dan memiliki keutamaan; akan semisal dengan ucapan Ali ath Thanthawi, atau semisal dengan ucapan Mahmud ash Shawwaf, atau semisal dengan ucapan Muhammad al Ghazali, atau semisal dengan ucapan Syiah Rafidhah, atau semisal dengan ucapan si sufi Hasan as Saqqaf.

Aku katakan, tidak ada orang yang membuat (manusia) tidak membutuhkan ilmu (al jarh wat ta’dil) ini kecuali orang yang bodoh, atau yang hatinya menyimpan dendam, atau orang yang tahu bahwa dirinya di-jarh, dia membuat manusia lari dari al jarh wat ta’dil karena tahu bahwa dirinya di-jarh.

Sumber: Nashaih wa Fadhaih hlm. 114.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=147099

Diterjemahkan oleh: Syabab Forum Salafy Indonesia.

***

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
فهذا رد العلامة المحدث مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله على من يزهدون في علم الجرح والتعديل

ﻗـــﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻮﺍﺩﻋﻲ – ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ – :

ﻓﺎﻟﺬﻱ ﻳﺰﻫِّﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﻓﻬﻮ ﻳﺰﻫﺪ ﻓﻲ
ﺍﻟﺴﻨﺔ ، ﻓﺈﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻫﻨﺎﻙ ﺟﺮﺡ ﻭﺗﻌﺪﻳﻞ ﻓﺈﻥَّ ﻛﻼﻡ
ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻟﻔﺎﺿﻞ ﻣﺜﻞ ﻛﻼﻡ ﻋﻠﻲ
ﺍﻟﻄﻨﻄﺎﻭﻱ ، ﺃﻭ ﻣﺜﻞ ﻛﻼﻡ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﺍﻟﺼﻮﺍﻑ ، ﺃﻭ
ﻣﺜﻞ ﻛﻼﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ، ﺃﻭ ﻣﺜﻞ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺸﻴﻌﺔ
ﺍﻟﺮﺍﻓﻀﺔ ، ﺃﻭ ﻣﺜﻞ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﺼﻮﻓﻲ ﺣﺴﻦ ﺍﻟﺴﻘﺎﻑ .

ﻓﺄﻧﺎ ﺃﻗﻮﻝ : ﻻ ﻳﺰﻫﺪ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺇﻻَّ ﺭﺟﻞ  ﺟﺎﻫﻞ ، ﺃﻭ ﺭﺟﻞ ﻓﻲ ﻗﻠﺒﻪ ﺣﻘﺪ ، ﺃﻭ ﺭﺟﻞ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻧﻪ  ﻣﺠﺮﻭﺡ ﻓﻬﻮ ﻳُﻨَﻔِّﺮ ﻋﻦ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻭﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ ﻷﻧﻪ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻧﻪ  ﻣﺠﺮﻭﺡ .

ﺍﻟﻤﺼﺪﺭ : ﻧﺼﺎﺋﺢ ﻭﻓﻀﺎﺋﺢ ﺹ 114

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.