Bagaimana Cara Bermuamalah Dengan Seorang Dosen yang Awam

BAGAIMANA CARA BERMUAMALAH DENGAN SEORANG DOSEN YANG AWAM

Asy Syaikh Muhammad bin Hady حفظه الله

Soal:  Orang ini bertanya:

“Bagaimanakah seorang salafy bermuamalah dengan seorang Doktor (dosen) yang mengajar di suatu jurusan namun dia tidak memiliki ilmu untuk membentengi dirinya, terlebih untuk membantah syubhat-syubhatnya?”

Jawab:

Jika anda tidak memiliki ilmu, maka diamlah. Jika anda tidak memiliki ilmu maka diamlah. Tunjukkan syubhat-syubhatnya kepada ulama, orang yang mendatangkan syubhat itu.

Catatlah dan tunjukkanlah ucapannya itu kepada ulama dan merekalah yang akan menghilangkan syubhat itu dari dirimu, dengan izin Allah Ta’ala. Dan setelah itu, nukilkan kalam ulama ini kepada teman-temanmu. Ulama yang seperti ini ada, dan hanya milik Allah segala pujian, ulama yang seperti ini ada, para masyayikh masih ada.

Dan golongan orang-orang yang memiliki syubhat ini pun juga ada. Kita memohon kepada Allah agar menyelamatkan kami dan anda dari golongan itu.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/10914

Alihbahasa: Syabab Forum Salafy

***   ***

السؤال:
هذا يسأل يقول: كيف يتعامل السلفي مع الدكتور الذي يدرسهُ في الكلية وليس عندهُ علِم في تحصين نفسهُ، فضلًا في أن يَرُدّ على شُبهه؟

الجواب:
إذا كانَ ما عِندَك علِم فَاسْكُتْ، إذا ما عندَك علم فَاسْكُتْ، واعرض شُبهه على أهل العلم الذي يأتي بهِ من الشُبهة سجلهُ وأعرضهُ على أهل العلم وهم يُزيلونها عنك – بإذنِ الله تعالى- وبعد ذلك أنقل هذا لزملائك، وهذا موجود، ولله الحمد موجود، المشايخ موجودون وأيضًا هذا الصنف من أصحاب الشُبَه لهم وجود نسأل الله أن يُعافينا وإياكُم من ذلك

Download
Judul: BAGAIMANA CARA BERMUAMALAH DENGAN SEORANG DOSEN YANG AWAM Pembicara: Asy Syaikh Muhammad bin Hady حفظه الله Tanggal: 11 Rajab 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.