Ayat-Ayat Ruqyah

Ayat-ayat RuqyahAYAT-AYAT RUQYAH

Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah.

Al-Quran di dalamnya ada obat dan rahmat bagi manusia. Kami berharap anda bisa menyebutkan ayat-ayat yang disyariatkan untuk dibacakan kepada orang sakit, berapa kali dibaca dan bagaimana tata cara meniupnya. Semoga Allah membalas Anda kebaikan. Karena disisi kami ada seorang yang tertimpa sakit dan kami ingin meruqyahnya?

Jawaban:

Setiap Al-Quran itu adalah obat, setiap Al-Quran itu obat dari awalnya hingga akhirnya. Dan jika membaca Surat Al-Fatihah maka itu surat yang paling agung dalam Al-Quran. Mengulang-ulangnya, sebagaimana shahabat membacakannya untuk meruqyah orang yang tersengat (binatang berbisa) ketika melewatinya di sebagian perkampungan arab. Sebagian shahabat membaca surat Al-Fatihah dan mengulang-ulangnya kemudian Allah menyembuhkannya.

Maka jika membaca surat Al-Fatihah dan ditambah membaca ayat kursi bersamanya atau sebagian ayat lainnya, semuanya bagus. Dan jika membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq dan surat An-Nas dibaca tiga kali itu juga bagus, termasuk sebab kesembuhan. Dan setiap Al-Quran itu adalah obat. Jika membaca darinya apa yang Allah mudahkan dari Surat Al-Baqarah, surat Ali Imran, surat An-Nisa, surat Al-Maidah, dari surat Al-Quran yang lainnya, semuanya obat. Sebagaimana Allah yang Maha Agung dan Maha Tinggi berfirman :

  قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاء

”Katakanlah, Al-Quran itu adalah petunjuk dan obat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Fushshilat 44)

Allah berfirman :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

”Dan Kami turunkan dari Al-Quran berupa obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Isra 82)

Yakni semuanya obat. Maka jika dia memilih sebagian ayat-ayat dan membacanya, semuanya bagus. Akan tetapi yang paling penting dibaca adalah Al-Fatihah dan ayat kursi, surat Al-Ikhlas dan Al-Mu’awwidzatain (surat An-Nas dan Al-Falaq). Semua surat ini yang paling penting dibacakan kepada orang sakit.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/21122

Alih Bahasa : Ustadz Abu Hafs Umar al Atsary

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.