APAKAH WANITA YANG MERASAKAN SAKIT KETIKA MELAHIRKAN AKAN GUGUR DOSA-DOSANYA?

APAKAH WANITA YANG MERASAKAN SAKIT KETIKA MELAHIRKAN AKAN GUGUR DOSA-DOSANYA?

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaiminرحمه الله

Pertanyaan: Benarkah bahwa ketika seorang wanita melahirkan maka dosa-dosanya gugur semua, karena saat melahirkan dia merasakan sakit dan lelah; sehingga melahirkan akan membersihkannya dari dosa-dosanya?

Jawab:

Ini tidak benar. Akan tetapi, sebagaimana manusia yang lain, apabila si wanita ditimpa musibah lantas bersabar dan mengharapkan pahala, dia akan mendapatkan balasan atas rasa sakit dan musibah tersebut.

Sampai-sampai Nabi shallallahu alaihi wa sallam mempermisalkan dengan (musibah) yang jauh lebih rendah dari itu. Beliau mencontohkan duri yang menusuk seseorang, hal itu akan menghapus (kesalahan-kesalahan)nya.

Ketahuilah bahwa apabila seseorang bersabar dan mengharap pahala dari Allah ketika ditimpa berbagai musibah, dia akan dibalasi karena sikapnya yang bersabar dan mengharap pahala.

Pada asalnya, musibah itu menghapus dosa-dosa. Jadi, musibah-musibah itu menghapus dosa. Apabila seseorang tertimpa musibah dan mengiringinya dengan sikap sabar, dia akan mendapat pahala karena sikap sabarnya menanggung musibah tersebut.

Ketika melahirkan, seorang wanita—tidak diragukan lagi—merasakan sakit. Rasa sakit inilah yang akan menghapus dosanya. Apabila dia bersabar dan mengharapkan pahala dari Allah, selain dihapus dosanya, dia akan mendapatkan tambahan pahala dan catatan kebaikan.

[Nurun ‘ala ad-Darb, asy-Syaikh Ibnu Utsaimin]

Sumber:http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=128118#entry628971

* Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

 

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.