Apakah Para Pengikut Mubtadi’ Digabungkan Dengan Mubtadi’?

Mubtadi'APAKAH PARA PENGIKUT MUBTADI’ DIGABUNGKAN DENGAN MUBTADI’

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady Al-Madkhaly hafizhahullah

Pertanyaan: Apakah para pengikut mubtadi’ disamakan atau digabungkan dengan mubtadi’?

Jawaban:

Ya, mereka digabungkan dengannya jika mereka menolongnya, menguatkannya, dan membelanya. Berarti mereka adalah bala tentaranya, dia kedudukannya bagi mereka seperti Fir’aun, sedangkan mereka baginya seperti bala tentara Fir’aun.

وَقَالُوْارَبَّنَاإِنَّاأَطَعْنَاسَادَتَنَاوَكُبَرَاءَنَافَأَضَلُّوْنَاالسَّبِيْلَا. رَبَّنَاآتِهِمْضِعْفَيْنِمِنَالْعَذَابِوَالْعَنْهُمْلَعْنًاكَبِيْرًا.

Dan mereka berkata: “Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan yang benar. Wahai Rabb kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan laknatlah mereka dengan laknat yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 67-68)

Para pengikut tersebut adalah orang-orang yang lemah yang ditipu oleh para pengusung kebathilan dan digiring untuk menyelisihi kebenaran dan memerangi orang-orang yang berpegang teguh dengannya. Jadi para pengikut itu dihukumi sama seperti para pemimpin mereka.

Hanya saja jika kalian melihat sebagian orang ada yang tertipu, maka tidak mengapa kalian beri tahu mereka dan kalian jelaskan kebenaran kepada mereka. Namun jika mereka tetap menjalin hubungan dengan para tokoh mereka, maka para pengikut itu digabungkan dengan mereka.

Sumber artikel:  www.sahab.net/forums/?showtopic=134049

Download Audio Di Sini

Alih bahasa: Abu Almass

Selasa, 8 Dzulqa’dah 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.