Apakah Obat Untuk Membersihkan Riya’?

Apakah Obat Untuk Membersihkan RiyaAPAKAH OBAT UNTUK MEMBERSIHKAN RIYA’ ?

Asy-Syaikh Muhammad bin Hady hafizhahullah

Pertanyaan: Saya bertanya tentang obat yang bisa membersihkan riya’?

Jawaban: Demi Allah wahai saudaraku, engkau telah menanyakan perkara yang besar.

Pertama hendaklah engkau memperbanyak doa, hendaknya engkau berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar mengkaruniakan keikhlasan kepadamu dan membersihkan dirimu dari bala ini. Dan setiap muslim hendaknya berdoa kepada Rabbnya Subhanahu wa Ta’ala agar membersihkan dirinya dari kesyirikan walaupun yang sedikit kadarnya, apalagi yang banyak. Karena sebagaimana yang telah kita katakan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, bisa jadi riya’ tersebut akan menggugurkan amal secara keseluruhan, atau mengurangi pahalanya. Maka wajib atas seorang hamba untuk semangat berdoa, karena Allah Jalla wa Ala berfirman:

﴿فَمَنْ كَانَ يَرْجُوْ لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا﴾

“Maka barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Rabbnya, hendaklah dia beramal shalih dan jangan menyekutukan dalam beribadah kepada Rabbnya dengan seorang pun.” (QS. Al-Kahfi: 110)

Dan Nabi shallallahu alaihi was sallam telah menjelaskan bahaya syirik asghar (syirik kecil) yaitu riya’, dan ini merupakan perkara yang paling beliau khawatirkan akan menimpa kita, dan dia lebih samar dibandingkan rayapan semut hitam di atas batu hitam di malam yang gelap gulita. Jadi dia sangat tersembunyi, oleh karena itulah banyak manusia yang tidak mewaspadainya sehingga menjalar kepada mereka.

Perkara terbesar yang bisa engkau gunakan untuk mengobatinya adalah dengan engkau menghisab dirimu:

Apa yang bisa dilakukan untukmu oleh orang yang engkau berbuat riya’ kepadanya dengan amalmu itu?

Balasan apa yang akan dia berikan kepadamu?

Ingatlah hal ini selalu dan renungkanlah!

Balasan apa yang akan diberikan kepadamu oleh orang yang engkau berbuat riya’ kepadanya dengan amal shalihmu tersebut?

Apakah dia bisa membela dirimu dari adzab Allah sedikit saja?

Ingatlah selalu firman Allah Tabaraka wa Ta’ala kepadamu pada hari kiamat nanti:

فَهُوَ لِلَّذِيْ أَشْرَكَ.

“Amalnya yang disertai riya’ tersebut untuk yang dia jadikan sekutu selain Allah.”  (Asal hadits ini adalah riwayat Muslim no. 2985, namun dengan lafazh ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Al-Albany rahimahullah berkata dalam Shahih Sunan Ibnu Majah III/371 no. 3406: “Shahih.” –pent)

Kita memohon keselamatan kepada Allah.

Jika engkau merenunginya maka insya Allah hal itu akan mewariskan kepadamu untuk berusaha mengobati hatimu, muhasabah (instropeksi), dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membebaskan diri dari bencana besar ini.

Jadi dengan selalu mengingat dan merenungkan keagungan Allah Jalla wa Ala Yang kita ibadahi yang hanya kepada-Nya saja ibadah boleh ditujukan, merenungkan bahwa perbuatan yang engkau lakukan karena riya’ untuk orang tersebut akan menghancurkan dirimu, dan engkau tidak akan menjumpai selain kecelakaan dan kebinasaan pada hari kiamat nanti, ini semua insya Allah Ta’ala yang akan membantumu untuk ikhlash dalam beribadah.

Sumber artikel:
http://www.albaidha.net/vb/showthread.php?t=54349

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.