Apakah Mendoakan Orang Yang Bersin Cukup Satu Orang Yang Mendengarkan Saja

 

Bersin1

APAKAH MENDOAKAN ORANG YANG BERSIN CUKUP SATU ORANG YANG MENDENGARNYA SAJA

Asy-Syaikh Muqbil bin Hady rahimahullah

| | |

Pertanyaan: Orang yang bersin dan dia mengucapkan “alhamdulillah” apakah wajib atas siapa saja yang mendengarkannya untuk mendoakannya?

Jawab:

Wajib, dan hukumnya tidak seperti menjawab salam yang mana satu orang sudah mencukupi. Jika seseorang mengucapkan salam kepada kita “assalamualaikum” maka cukup salah seorang dari kita menjawab “waalaikumussalam.” Tetapi orang yang bersin wajib atas siapa saja yang mendengarnya untuk mendoakannya. Wajib atas kita semua untuk mendoakannya (dengan mengucapkan “yarhamukallah” yang artinya: semoga Allah merahmatimu –pent) jika dia mengucapkan “alhamdulillah.”

Dalam hal ini terdapat sebuah hadits:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مَنْ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ.

“Jika salah seorang dari kalian bersin lalu dia mengucapkan ‘alhamdulillah’ maka wajib atas siapa saja yang mendengarnya untuk mendoakannya.”  [1]

Atau yang semakna.

Sumber artikel: Ijaabatus Saa-il, terbitan Daarul Haramain, cetakan ke-1 tahun 1416 H, pertanyaan no. 201 hal. 322

Keterangan:

[1] Lihat: Dalam Shahih Al-Bukhary no. 6223 lafazhnya:

إِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ، فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ.

“Jika seseorang bersin lalu dia mengucapkan ‘alhamdulillah’ maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya.”

Sedangkan di no. 6226 lafazhnya:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ وَحَمِدَ اللهَ، كَانَ حَقًّا عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يَقُوْلَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اللهُ.

“Jika salah seorang dari kalian bersin lalu dia mengucapkan ‘alhamdulillah’ maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya dengan mengucapkan: yarhamukallah.”  Lihat juga: Shahih Muslim no. 2992. (pent)

Alih bahasa: Abu Almass
Ahad, 19 Rajab 1435 H

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.