APAKAH DI SYARIATKAN DUDUK BERKUMPUL KETIKA BERTA’ZIYAH?

APAKAH DI SYARIATKAN DUDUK BERKUMPUL KETIKA BERTA’ZIYAH?

Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan: Apa yang disyariatkan berkenaan duduk-duduk untuk ta’ziyah? Apakah keluarga mayit juga disyariatkan ikut duduk meskipun hanya sebentar untuk menyambut orang-orang yang datang berta’ziyah sebagai kemudahan bagi mereka?

Jawaban:

Tidak, hal itu tidak disyariatkan. Tidak disyariatkan mereka duduk-duduk. Ta’ziyah lebih sederhana dari ini. Engkau berta’ziyah kepadanya bisa melalui telepon dengan handphone (Hp). Engkau berta’ziyah kepadanya ketika menjumpainya di masjid, di kantor, atau di jalan. Tidak ada hajah untuk berkumpul, karena bila di awali dengan berkumpul maka perkaranya akan meluas. Jadi sesuatu dari ini tidaklah diizinkan.

Sumber:  http://www.alfawzan.af.org.sa/node/15782

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

—————–

السؤال:
ما هو المشروع بالنسبة للجلوس للتعزية ؟ هل يشرع لأهل الميت أن يجلسوا ولو يسيراً، لاستقبال من يعزيهم تيسيراً عليهم ؟

الجواب:ـ لا ما هو مشروع ما هو مشروع أنهم يجلسون، التعزية أيسر من هذا تعزيه بالتلفون بالجوال، تعزيه إذا لقيته في المسجد في المكتب في الشارع، ولا حاجة الى الاجتماع، لأنه إذا بُـدِأ الاجتماع تطور فلا يؤذن بشيء من هذا .

Download
Judul: APAKAH DI SYARIATKAN DUDUK BERKUMPUL KETIKA BERTA'ZIYAH? Pembicara: Asy Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al Fauzan hafizhahullah Tanggal: 28 Dhu al-Qi'dah 1436
© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.