APA YANG DI LAKUKAN DI MALAM LAILATUL QADR?

💐🌷🌻🌹 APA YANG DILAKUKAN DI MALAM LAILATUL QADR?

Asy-Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah

Bukanlah yang dimaksud dengan lailatul qadr adalah memperbanyak shalat, karena Rasul shallallahu alaihi wasallam di Ramadhan maupun di luar Ramadhan tidak mengerjakan shalat malam lebih dari 11 raka’at.

Dan bukanlah yang dimaksud bahwa Rasul shallallahu alaihi wasallam jika telah masuk sepuluh malam yang terakhir di bulan Ramadhan beliau menguatkan ikatan sarungnya adalah dengan memperbanyak shalat, tetapi yang dimaksud adalah dengan melakukan i’tikaf, sebagaimana hal itu adalah keadaan beliau shallallahu alaihi wasallam dalam perjalanan hidup beliau.

Dan bukanlah yang dimaksud adalah dengan melakukan ritual-ritual tertentu di malam tersebut. Bukan, bukan itu yang dimaksud, tetapi yang dimaksud hanyalah dengan seorang hamba mempersiapkan diri untuk memperbanyak dzikir dan doa di malam tersebut.

Tidakkah engkau perhatikan hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzy no. 3513 dari Aisyah dia berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana jika saya mengetahui bahwa sebuah malam adalah lailatul qadr, doa apa yang sebaiknya saya ucapkan?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧَّﻚَ ﻋُﻔُﻮٌّ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨِّﻲ.

“Yaa Allah, sesungguhnya Engkau pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah dosa-dosaku.”

At-Tirmidzy berkata, “Ini adalah hadits hasan shahih.”

(Lihat: Silsilah ash-Shahihah, no. 3337 -pent)

Jadi Rasul shallallahu alaihi wasallam tidak membimbing Aisyah untuk memperbanyak shalat, atau memperbanyak macam-macam doa, atau ritual ibadah tertentu, beliau hanya menunjukkan kepada Aisyah untuk membaca doa ini.

Disebutkan dalam al-Muwaththa’ di kitab i’tikaf bab riwayat-riwayat tentang lailatul qadr dari al-Imam Malik bahwa telah sampai riwayat kepada beliau bahwasanya Sa’id bin al-Musayyab berkata:

ﻣَﻦْ ﺷَﻬِﺪَ ﺍﻟْﻌِﺸَﺎﺀَ ﻣِﻦْ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﺍﻟْﻘَﺪْﺭِ، ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺧَﺬَ ﺑِﺤَﻈِّﻪِ ﻣِﻨْﻬَﺎ.

“Siapa yang mengerjakan shalat isya’ di malam lailatul qadr, maka dia telah mengambil bagiannya dari malam tersebut.”

🌍 Sumber || https://twitter.com/momalbaz/status/875125558975361024

© 1438 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.