AMANAHLAH DALAM MENUKIL, SANDARKAN FAEDAH KEPADA PEMILIKNYA

AMANAHLAH DALAM MENUKIL, SANDARKAN FAEDAH KEPADA PEMILIKNYA

1⃣. Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah berkata:

انظروا إلى إمامة أحمد، كم عنده من الأدلة ومن الحجج والبراهين، وقاوم أهل البدع أكثر من عباس النرسي هذا، لكن الله فطنه للحجة من هذا الحديث فعرف الإمام أحمد فضل هذا الرجل، لأنه نبهه إلى هذه الحجة، ولم ينسبها لنفسه كما يفعله بعض الناس.

“Lihatlah keimaman Ahmad (bin Hanbal), betapa banyak dalil, hujjah, dan burhan (argumen) yang beliau miliki, dan beliau lebih banyak melawan ahli bid’ah dibandingkan Abbas an-Nursy ini. Tetapi Allah memahamkannya untuk mendapatkan hujjah dari hadits ini, sehingga al-Imam Ahmad mengetahui keutamaan orang ini, karena dialah yang mengingatkan beliau kepada hujjah ini, dan beliau tidak menyandarkannya kepada diri beliau sendiri, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang.”

? Adz-Dzari’ah, I/378.

? http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=41446


 

2⃣. Ibnul Qayyim rahimahullah berkata ketika menyebutkan sebuah faedah ilmiyah:

والله يعلم أني لو وجدتها في كتاب لأضفتها إلى قائلها ولبالغت في استحسانها.

“Dan Allah mengetahui seandainya saya mendapatkannya (faedah) dalam sebuah kitab, sungguh saya pasti akan menyandarkannya kepada orang yang mengatakannya dan sungguh saya pasti akan memujinya dengan setinggi-tingginya.”

? Bada-i’ul Fawaid, I/249


 

3⃣. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

فمن أراد أن ينقل مقالة عن طائفة فليسم القائل والناقل، وإلا فكل أحد يقدر على الكذب.

منهاج السنة ٥١٨/٢

“Barangsiapa yang ingin menukil ucapan suatu kelompok, hendaknya dia menyebutkan siapa yang mengucapkan dan yang menukilnya, kalau tidak demikian, semua orang mampu untuk berdusta.”

? Minhajus Sunnah, II/518 || Majmu’ah al Baarakah Maa Akaabirikum


 

4⃣. Abul Harits Ibrahim at-Tamimy mengatakan dalam saluran Telegramnya:

بعض الإخوة جزاهم الله خيرا ينقلون بعض الفوائد من غير عزو مع أني أذيلها بذكر عنوان القناة وأحيانا ينسبونها لأنفسهم وليس هذا بجيد فليتنبه لهذا وفقنا الله جميعا.

“Sebagian ikhwah -jazahumullahu khairan- suka menukil sebagian faedah tanpa menyebutkan sumbernya asalnya, padahal saya menyebutkan nama saluran (channel) di bagian bawah, dan terkadang mereka menyandarkannya kepada diri mereka sendiri. Yang seperti ini bukan perbuatan yang baik dan hendaknya ini diperhatikan. Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita semuanya.”

© 1439 / 2017 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.