Mencium Minyak Wangi Atau Makanan Disaat Puasa

MENCIUM MINYAK WANGI ATAU MAKANAN DISAAT PUASA

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz  رحمه الله

Pertanyaan: Apa hukum mencium minyak wangi atau makanan di saat berpuasa?

Jawaban:

Mencium makanan dan minyak wangi tidaklah mengapa. Kecuali bukhur (wewangian yang dibakar), maka jangan dihirup. Karena bukhur memiliki aroma kuat yang sampai ke otak. Adapun mencium wewangian yang lain terlebih bila memang dibutuhkan, maka tidak mengapa dan bukan termasuk pembatal puasa. Akan tetapi bila memiliki aroma yang sangat kuat, maka meninggalkannya itu lebih utama.

Adapun bukhur itu sendiri adalah ‘uud (kayu gaharu), maka orang yang berpuasa jangan membakarnya dan jangan menghirupnya. Karena sebagian ‘ulama memandangnya dapat membatalkan puasa. Jadi sudah sepantasnya orang yang berpuasa tidak menghirupnya. Demikian juga dengan wewangian-wewangian yang berbentuk bubuk lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan kepada kalian semua.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/node/18663

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

********************************

شم العطر أو الطعام أثناء الصيام

ما حكم شم العطر أو الطعام أثناء الصيام؟

شم الطعام لا بأس والعطر لا بأس إلا البخور لا يتنشق؛ لأنه له قوة يذهب إلى الدماغ أما شم الأطياب الأخرى ولاسيما إذا دعت الحاجة إليها لا بأس ليس من المفطرات, لكن إذا كان له قوة شديدة تركه أحسن وأما البخور نفسه العود فلا يتبخر لا يتنشق منه الصائم؛ لأن بعض أهل العلم يرى أنه يفطر فلا ينبغي أن يتنشقه الصائم وهكذا الأطياب المسحوقة  جزاكم الله خيراً.

© 1445 / 2024 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks