Siapakah yang Berhak Mengasuh Anak Jika Suami Istri Bercerai?

SIAPAKAH YANG BERHAK MENGASUH ANAK JIKA SUAMI ISTRI BERCERAI?

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan: Semoga Allah memberkahi anda, wahai syaikh kami.

Pertanyaan kedelapan pada pertemuan ini:

Ada seorang wanita yang dicerai suaminya yang pertama, dan dia memiliki satu anak dari suaminya tersebut yang baru berumur satu tahun. Dan sekarang si wanita telah menikah dengan laki-laki lain. Siapakah yang mendapat hak asuh anak setelah wanita ini menikah? Apakah ayah atau ibunya? 

Jawaban:

Wahai anakku, perkara ini dikembalikan keputusannya kepada hakim syar’i, dialah yang memutuskan hak asuh anak kepada siapa.

Kecuali suamimu yang kedua ridho dan mau menerima anakmu tersebut. Kalau demikian, maka ada dua cara:

Yang pertama: dengan cara damai dan lemah lembut, yaitu dengan meminta persetujuan suami yang pertama, dan kalau dia setuju, maka minta lagi persetujuan suami kedua, apakah dia sanggup dan mau menerima anak tersebut.

Jika kedua pihak saling ngotot dalam hak asuh, maka dalam kondisi seperti ini dikembalikan kepada hakim syar’i, dialah yang memutuskan perkaranya.

Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/11278

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

——————–

 

السؤال:

بارك الله فيكم شيخنا، السؤال الثامن في هذا اللقاء؛ يقول: امرأة طَلَّقها زوجها الأول ولها منه ولد عمره سنة واحدة، وهي الآن ستتزوج من رجلٍ آخر، فلمن تكون حضانة هذا الطفل بعد زواجها؟ للأب أم للأم؟

 الجواب:

هذه مردُّها يا بنتي إلى الحاكم الشرعي هو الذي ينقل الحضانة، إلا إذا رَضِي زوجك الثاني وقَبِل يبقى معك.

 إذن، أولًا: حال المصافاة والملاطفة واللين، فلابُدّ أولًا من موافقة أبيه وهو زوجك الأول، فإن وافق لابُدَّ من موافقة الزوج الثاني فهل يستطيع أو لا يستطيع، يقبل أو لا يقبل.

 أما حال المُشاحّة، فالأمر إلى الحاكم الشرعي، هو الذي يفصل في الموضوع.

Download
Judul: SIAPAKAH YANG BERHAK MENGASUH ANAK JIKA SUAMI ISTRI BERCERAI? Pembicara: Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله Tanggal: 16 Rajab 1436
© 1445 / 2024 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks