MEMBANTAH HUJJAH PELAKU BOM BUNUH DIRI

MEMBANTAH HUJJAH PELAKU BOM BUNUH DIRI

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah:

Pertanyaan: Wahai syaikh, semoga Allah memaafkanmu, kami mendengar pada sebagian medan jihad, dari orang yang menjalankan amalan jihad dan sebagian orang menamakannya dengan operasi bunuh diri, dengan cara membawa (bom) atau meledakkan dirinya dengan bom. Dan melemparkan dirinya ke pasukan musuh agar bom meledakkan jasadnya, maka dia mati yang pertama dari mereka.
Apakah perbuatan ini bisa dikiaskan dengan seorang hamba Allah yang Allah takjub dengannya karena dia berperang tanpa baju besi?

Jawaban: Ini amalan bunuh diri, yang seorang insan pergi ke musuh dalam keadaan badannya dipenuhi bom untuk diledakkan, sehingga dia orang yang pertama terbunuh, hukumnya haram. Dan pelakunya membunuh dirinya dan pembunuhan terhadap dirinya jelas, dia membawa bom-bom dan meledak dengannya lalu mati.

Dan telah tetap dari Nabi shallallahu alaihi wasallam:

من قتل نفسه بشيء فإنه يعذب به في نار جهنم خالدًا فيها مخلدًا

“Barang siapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, maka ia akan disiksa dengannya di neraka Jahannam kekal selama-lamanya di dalamnya.”

Akan tetapi jika seorang yang melakukan hal itu karena bodoh, ia menyangka kalau ini adalah kesempurnaan jihad, maka Allah Ta’ala tidak menyiksa dengan dosanya. Karena dia salah menafsirkan.

Adapun seorang yang sudah tahu hal itu, maka ia tergolong membunuh dirinya.

Terkadang sebagian orang menyampaikan kepada kita (hujjah) tentang bolehnya bom bunuh diri ini;
Sesungguhnya Barra bin Malik radhiyallahu ‘anhu dalam Perang Bani Hanifah memerintahkan kepada para sahabatnya untuk melemparkan dirinya (dengan ketapel) ke dalam Pintu benteng musuh, agar bisa membukakan pintu untuk mereka (para mujahidin). Ini tidak ragu lagi, kalau ia telah melemparkan dirinya ke perkara yang sangat berbahaya. Maka dikatakan:
Sesungguhnya Barra bin Malik radhiyallahu ‘anhu itu yakin kalau dirinya akan selamat. Dan padanya ada kemungkinan walaupun satu persen ia akan bisa selamat.

Akan tetapi orang yang sudah diikat dengan bom-bom yang kita tahu dengan yakin, kalau dia adalah orang yang pertama kali mati dengan bom itu. Maka ini tidak memiliki kemungkinan selamat walaupun satu perseribu kalau dia bisa selamat. Maka tidak sah dikiaskan yang ini dengan yang ini.

Naam bagi seorang yang pemberani kesatria yang mengetahui dirinya akan selamat boleh menerobos barisan musuh dan membelah barisan mereka, karena di sana masih ada harapan selamat. Oleh karena itu membawakan kasus (Barra bin Malik untuk mendukung bom bunuh diri) itu tidak tepat.
Karena di sana ada perbedaan antara orang yang mengetahui kalau dirinya pasti mati dan orang yang memiliki kemungkinan dirinya akan selamat.

(Liqa Al-Bab Al-Maftuh no 80).

__________________

فضيلة الشيخ -عفا الله عنك- نسمع في بعض ساحات الجهاد ممن يقوم بأعمال جهادية ويسميها البعض “أعمالاً انتحارية” بأن يحمل معه أو يلغم نفسه بالقنابل، ويلقي بنفسه بين جنود العدو لتتفجر القنابل في جسده، فيموت أولهم، فهل يقاس هذا الفعل على العبد الذي يَعْجَب الله منه وهو يقاتل بلا درع؟

الجواب: هذه الأعمال الانتحارية التي يذهب الإنسان إلى عدوه وقد ملأ جسمه من القنابل لتتفجر ويكون هو أول قتيل فيها محرمة، والفاعل لها قاتل لنفسه، وقتله لنفسه واضح، حَمَل قنابل وتفجرت به فمات، وقد ثبت عن النبي -عليه الصلاة والسلام- أنه “من قتل نفسه بشيء فإنه يعذب به في نار جهنم خالدًا فيها مخلدًا”، لكن إذا كان هذا الإنسان فَعَل ذلك جاهلاً يظن أن هذا من تمام الجهاد، فإن الله -سبحانه وتعالى- لا يعذبه بذنبه، لأنه متأول، وأما من علم بذلك فإنه يعتبر قاتلاً لنفسه، وقد يورد علينا بعض الناس في هذا القول: أنّ البراء بن مالك -رضي الله عنه- في غزوة بني حنيفة أمر أصحابه أن يحملوه ويقذفوا به داخل الباب؛ باب الحَوْطة، من أجل أن يفتح الباب لهم، وهذا لا شك أنه إلقاء بنفسه إلى أمر خطير، فيقال: إن البراء بن مالك -رضي الله عنه- قد وثق من نفسه أنه سينجو، وفيه احتمال ولو واحد من مائة أنه ينجو، لكن من تقلد بالقنابل التي نعلم علم اليقين أنه أول من يموت بها فهذا ليس عنده احتمال ولا واحد في المائة ولا واحد في الألف أنه ينجو، فلا يصح قياس هذا على هذا، نعم للإنسان الشجاع البطل الذي يعرف نفسه أن يخوض غمار العدو ويخرق صفوفهم لأن النجاة فيها احتمال، وعلى هذا فيكون إيراد مثل هذه القضية غير وارد، لأن هناك فرقًا بين من يعلم أنه سيموت ومن عنده احتمال أنه سينجو.) اهـ

لقاء الباب المفتوح رقم 80

? Sumber || https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=114416

© 1445 / 2024 Forum Salafy Indonesia. All Rights Reserved.
Enable Notifications OK No thanks